Bicara Musik

Bunga Citra Lestari
  • By : admin
  • 6 September 2021

Bunga Citra Lestari

Wanita kelahiran Jakarta pada tanggal 23 Maret 1983 ini yang lebih dikenal dengan nama BCL merupakan seorang model, aktris, dan penyanyi Indonesia. BCL lahir dari pasangan Muchlis Rusli dan Emmy Syarif asal Bukittinggi, Sumatra Barat. Ayahnya bekerja di Bank Indonesia dan ibunya merupakan seorang dokter gigi. Dia menghabiskan masa SMP-nya di Lhokseumawe, Aceh. Kemudian pindah untuk melanjutkan pendidikannya di SMA 70 Jakarta dan Universitas Trisakti. Wanita yang berdarah asli Minangkabau ini merupakan sepupu dari aktor, Ivan Permana dan aktris sekaligus musisi, Intan Ayu Purnama.

Awal mula karier BCL sebagai pemain sinetron. Sinetron yang pernah dibintanginya antara lain Bukan Perempuan Biasa, ABG, Senandung Masa Puber, Dari Temen Jadi Demen, dan Penjaga Hati. Selain berakting BCL juga terjun dalam dunia musik. Lagu yang pernah menjadi hit adalah “Ade Irma Suryani” dan “Aku Tak Mau Sendiri”. 

Single pertama yang dirilis oleh BCL “Saat Kau Pergi” pada tahun 2005. Kemudian tahun berikutnya BCL kembali merilis lagu dengan judul “Cinta Pertama (Sunny)”  yang merupakan soundtrack film Cinta Pertama dan membuat nama BCL semakin populer. Lagu ciptaan Dewiq ini membuat impian BCL menjadi penyanyi terwujud. Apalagi setelah album solo perdananya terjual 75 ribu kopi hanya dalam waktu dua minggu. Masih dalam seri lagunya sebagai soundtrack film, BCL merilis lagu kembali yang berjudul “Aku Tak Mau Sendiri”. 

5 daftar lagu terbaik Bunga Citra Lestari, antara lain

  1. “Cinta Pertama (Sunny)”
  2. “Aku dan Dirimu (feat Ari Lasso)”
  3. “Kecewa
  4. “Cinta Sejati”
  5. “12 Tahun Terindah”

Pada 8 November 2008 aktris ini menikah dengan Ashraf Sinclair yang merupakan seorang aktor asal Malaysia keturunan Melayu-Inggris yang juga putra seorang miliarder. Resepsi dengan adat Minang dan Melayu yang sangat mewah dan meriah diadakan di dua negara, yakni Indonesia dan Malaysia. Ashraf dan BCL mengadakan resepsi di Jakarta pada 9 November 2008 serta di Malaysia pada 14-15 November 2008. Setelah menikah, BCL masih tetap mengembangkan bakat aktingnya dengan dukungan penuh sang suami, Ashraf. Hal ini terbukti dengan kompaknya pasangan ini tampil dalam suatu film romantis, Saus Kacang yang rilis pada tahun 2008. Bahkan soundtrack film ini dibawakan oleh BCL dan Ashraf membantunya di video klip. Pada tanggal 22 September 2010 BCL melahirkan seorang anak laki-laki yang diberi nama Noah Sinclair.

Pada 2012, BCL membintangi film box office terbesar pada waktu itu Habibie & Ainun, sebuah film tentang kisah cinta presiden Indonesia ke-3, B.J. Habibie dan istrinya, Ainun Habibie. Film ini sukses menjadi hit dengan 4,6 juta penonton dan menetapkan tonggak sejarah bagi BCL.

Di bulan Maret 2017, BCL membuat gebrakan di dunia entertainment dengan suksesnya memproduksi konser solo “It’s Me BCL Concert” yang disebut konser dengan biaya produksi tertinggi sepanjang masa di Indonesia, berkolaborasi dengan creative director yang berbasis di Los Angeles, The Squared Division. Banyak yang memujinya, dan bahkan The Jakarta Post menerbitkan ulasan dan menulis, “BCL telah menaikkan standar”

Tahun 2018, BCL berkolaborasi dengan JFlow mengeluarkan single “Dance Tonight”, dimana lagu tersebut menjadi salah satu official song untuk Asian Games 2018.

Dengan membawa pesan woman empowerment dan self-love, BCL merilis single “Memilih Dia” pada tahun 2019, yang memperkuat citra BCL sebagai wanita yang inspiratif di Indonesia, hingga komunitas fans BCL atau yang dikenal sebagai BCLicious mendedikasikan sebuah acara bernama XOXO BCL pada tahun yang sama, sebagai wujud apresiasi dan persembahan untuk BCL yang telah menjadi sosok inspirasi mereka.

Di awal tahun 2020, BCL merilis single “Menghapus Jejakmu” bersama Ariel NOAH, sebuah single yang ditulis selama 3 hari.

 

Biodata

Nama                   : Bunga Citra Lestari

Asal                      : Jakarta

Genre Musik      : Pop

Tahun Aktif        : 1997 – sekarang

Label                    : Aquarius Musikindo (2004 – 2019), BASH Music Company (2019 – sekarang)

 

Source:

Wikipedia

Tirto.id