Bicara Musik

Bin Idris
  • By : admin
  • 5 February 2019

Bin Idris

Bin Idris merupakan sebuah nama yang dipilih oleh Haikal Azizi untuk menjalankan proyek solonya. Haikal yang juga merupakan gitaris sekaligus vokaligus band psych-rock Sigmun tersebut berniat terus melanjutkan kreativitas bermusiknya lewat Bin Idris. Sempat mengeluarkan beberapa video klip, salah satunya untuk lagu Calm Water, nama Bin Idris mulai dikenal sejak mengeluarkan albumnya bertajuk Bin Idris yang menyuguhkan total sebelas lagu.

Sebelas lagu dalam album tersebut mempunyai daya pikatnya masing-masing. Sukses menjadi salah satu album terbaik tahun 2016, Haikal justru mengaku tidak mempunyai harapan tinggi terhadap album tersebut. Mengusung genre pop dengan lagu-lagu yang mudah dicerna, Haikal memang tidak kaget dengan fakta bahwa albumnya tersebut lebih mudah diterima publik dibanding Sigmun. Hanya saja, album dengan nama yang serupa itu juga mendapat respon cukup positif dari kritikus musik yang membuatnya lumayan kaget.

Banyak pula yang beranggapan bahwa ini merupakan proyek solo Haikal yang sangat personal. Hal tersebut juga diakui oleh Haikal, di mana menurutnya album itu sendiri tidak memiliki tema besar. Secara keseluruhan, ia menyebut tema albumnya tersebut adalah tentang perspektif personalnya mengenai banyak hal. Salah satunya dapat terlihat dari track berjudul Jalan Bebas Hambatan. Ia mampu menceritakan peristiwa remeh sehari-hari dalam lirik yang asik dan menyelimutinya dengan melodi yang unik dan enak didengar.

Musik yang estetik, tidak generik, berkarakter, dan mempunyai cita rasa berbeda adalah hal yang ditawarkan oleh Bin Idris. Bagi yang lelah mendengar band bising atau terlalu berusaha menjadi eksperimental, maka musiknya bisa jadi pilihan musik yang layak didengarkan. Hadir dengan sejumlah album, yaitu Muqadimmah (2013), Guitar album split bersama Duto Hardono (2015), bin Idris (2016), dan Anjing Tua (2018), Bin Idris terus menarik perhatian dengan kesederhanaannya.

Kesederhanaan tersebut salah satunya paling terasa melalui album Anjing Tua yang mempunyai format lebih sederhana bila dibandingkan dengan album sebelumnya. Sebanyak tujuh lagu yang terdapat dalam album tersebut didominasi oleh nuansa gitar akustik sehingga mempunyai unsur folk lebih kental dan segar. Dikenal dengan aransemen dan storytelling yang kuat pada musiknya, tidak mengherankan bila album ini dapat menjadi teman refleksi. Begitulah kesederhanaan menenangkan yang dihadirkan olehnya melalui album-album terbaiknya.

 

Biodata

Nama artis musik              : Bin Idris

Genre                                    : Pop

Asal                                        : Bandung, Indonesia

Label rekaman                    : Orange Cliff Records

Album                                   : Anjing Tua, Bin Idris

Website:                                : –

Sources:

Djarum Coklat

Medcom

Whiteboard Journal

Tirto

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!