Bicara Musik

Bilal Indrajaya
  • By : admin
  • 24 July 2020

Bilal Indrajaya

Bilal Indrajaya, solois yang memiliki musik sendu nan melankolis mulai berkarir sejak tahun 2018. Pada pertengahan 2010-an, Bilal merupakan seorang gitaris untuk band bernama Rhym. Bersama Rhym, Bilal memproduksi mini album bertajuk Strangers dan beberapa single.

Ia muncul dengan single bertajuk Biar yang bercerita tentang perpisahan yang tidak diinginkan. Berangkat dari pengalaman pribadinya yang merasa kosong karena berpisah setelah bertahun-tahun bersama, maka ia ciptakan lagu ini pada tahun 2015.

Selanjutnya, ia mengeluarkan single lain berjudul Ruang Kecil yang masih berkonsep sama dengan karya sebelumnya yakni tentang kerinduan. Kedua lagu kental akan nuansa British Rock tahun 60-an dan grup musik Indonesia awal 2000-an. Ternyata, memang Bilal Indrajaya mengidolakan The Beatles sejak sekolah menengah pertama.

Awalnya, ia hanya mencaritahu mengenai konspirasi tentang Paul McCartney yang katanya sudah meninggal, namun berakhir mendengar semua album The Beatles. Bahkan, Bilal mulai belajar gitar dan bas karena mendengar The Beatles, karena sebelumnya ia hanya bisa bermain piano. Selain itu, ia juga dipengaruhi oleh Dewa 19, karena ayahnya sangat menyukai grup musik tersebut sehingga tertular ke anggota keluarga lain.

Personel The Beatles yang paling Bilal favoritkan ialah Paul McCartney. Uniknya, mereka memiliki kesamaan yakni kidal. Namun, Bilal merasa setiap personel memiliki karakternya tersendiri. Ia suka mengeksplorasi berbagai karya musisi di masa lalu atau pun yang sekarang karena ini hal penting untuk pengetahuan musiknya.

Bilal pun beberapa kali diajak berkolaborasi dengan musisi lainnya seperti Mocca dalam lagu Object of My Affection dan Vira Talisa dalam lagu He’s Got Me Singing Again sebelum mini album perdananya muncul tahun 2019. Purnama merupakan sebuah karya yang menceritakan kisah Bilal. Lagu-lagunya merupakan berbagai kisah yang dikompilasi menjadi satu.

Dalam proses penggarapan lagu, Bilal lebih tertantang untuk menulis lirik daripada komposisi musik. Ia sering mengalami creative block saat menciptakan sebuah lirik. Meskipun, ia mengakui bahwa lirik lagu dalam Purnama bukanlah semacam metafora sebagus Cholil Mahmud, ide penulisannya mengalir begitu saja, tidak ada referensi dari sastra atau semacamnya.

 

BIODATA

Nama Musisi                   : Bilal Indrajaya

Asal                                   : Tangerang Selatan

Genre Musik                  : Pop

Tahun Aktif                     : 2018 – Sekarang

Perusahaan Rekaman : NET VISI MEDIA

 

Source :

http://www.provoke-online.com/index.php/music/for-your-ears/17293-biar-debut-bilal-indrajaya-yang-memukau

https://speedofsoundmag.com/2020/01/21/sound-check-vol-9-bilal-indrajaya/

https://www.brilio.net/creator/ruang-kecil-single-terbaru-dari-bilal-indrajaya-yang-epic-07455b.html

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!