Bicara Musik

ANGSA & SERIGALA
  • By : admin
  • 3 February 2019

ANGSA & SERIGALA

Penggemar musik indie pasti tak asing dengan grup musik Angsa & Serigala yang terbentuk pada tahun 2008 ini. Angsa & Serigala dipilih sebagai nama grup karena memiliki filosofi ‘sesuatu yang berlawanan’. Dengan personel yang masing-masing memiliki latar belakang musik berbeda, grup musik ini mampu menyedot banyak perhatian para penikmat musik berkat musik dan lagu yang mereka tawarkan.

Band yang awalnya memiliki delapan personel ini kini hanya digawangi oleh lima orang saja. Ada Hendra Araji yang mengisi vokal, Meyga Sukmana yang memainkan pianika, Esa Prakasa sebagai gitaris menggantikan Danny Mokoginta, Vicky Herdiana yang menggantikan posisi Jaka Wirawan sebagai pemain bass, dan Vidi Herdiana dengan kemampuan drum sekaligus perkusinya yang menggantikan Phopi Ratna. Dulunya juga ada Afifa Ayu yang memegang peranan sebagai pemain biola dan Arditya Pratama sang keyboardist.

Album musik pertama mereka diberi judul yang sama dengan nama grup, yaitu Angsa & Serigala pada 2011. Album terbaru mereka dirilis pada 2018 lalu dengan judul Ruang Waktu, setelah melepas dua single mereka yang berjudul Bulan dan Biru di tahun yang berbeda.

Biru juga menjadi lagu pembuka di album Ruang Waktu. Single ini merupakan hasil representasi Angsa & Serigala dari melihat banyaknya fenomena love affairs yang banyak terjadi di masa sekarang. Mereka melihat bagaimana sebuah skandal bisa dengan mudah diciptakan melalui kecanggihan teknologi. Angsa & Serigala memilih Biru sebagai pembuka track karena beat-nya yang menderu dan nadanya yang catchy sehingga mudah diterima oleh para penikmat musik.

Album Ruang Waktu dari grup ini sekaligus menjadi penanda transformasi yang mereka lakukan, tak hanya dari personelnya saja, tapi juga dari segi genre musik. Jika pada albumnya yang terdahulu mereka menggunakan terompet dan biola serta mengusung folk, kini mereka membuatnya lebih sederhana, upbeat, dan tanpa dua alat musik tadi. Di sisi lain, lirik demi lirik lagu Angsa & Serigala jadi lebih kuat dan aransemennya pun lebih matang.

 

Biodata

Nama grup                                             : Angsa & Serigala

Nama personel                                      : Hendra Araji, Meyga Sukmana, Danny Mokoginta, Jaka Wirawan, Phopi Ratna Agustin, Arditya Pratama, Afifa Ayyu

Asal                                                          : Bandung, Indonesia

Genre musik                                           : Indie pop, indie rock

Tahun aktif                                              : 2008 – sekarang

Perusahaan rekaman                            : Beruang Records

Website                                                     : –

 

Sources:

Detik.com

Supermusic.id

Lorongmusik

https://id.wikipedia.org/wiki/Angsa_dan_Serigala

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!