Bicara Musik

ANGGUN C SASMI
  • By : admin
  • 3 February 2019

ANGGUN C SASMI

Demi meraih karir yang gemilang seperti sekarang, Anggun C. Sasmi harus melalui perjalanan panjang. Perempuan kelahiran Jakarta ini bahkan harus rela berpindah-pindah negara demi mewujudkan mimpi terbesarnya sedari kecil: menjadi seorang penyanyi yang karyanya dikenal dan didengar publik internasional.

Perjalanan Anggun dimulai sejak ia berusia tujuh tahun. Sang ayah, Darto Singo, menjadi pelatih vokalnya dan mengajarkan beragam teknik menyanyi. Hingga akhirnya tahun 1986 ia berhasil merilis album solo berjudul Dunia Aku Punya. Meskipun album perdananya tidak mendapat reaksi yang diharapkan, Anggun tidak patah semangat. Pada 1989, ia kembali merilis album bertitel Mimpi. Album ini menelurkan dua single yang bahkan masih terkenak hingga sekarang, yaitu Mimpi dan Bayang Bayang Ilusi.

Setelah namanya makin tenar di tanah air, ia justru tidak berpuas diri. Ia bahkan memutuskan untuk melebarkan sayapnya. Inggris jadi negara pertama yang ditujunya. Namun, perjalanannya tidak semulus itu. Demo yang dikirimkannya pada label rekaman selalu ditolak dan mendapat reaksi negatif. Akhirnya, Anggun memutuskan untuk hijrah ke Prancis pada 1995.

Pertemuan dengan produser Erick Benzi akhirnya membuatnya semakin dekat dengan mimpinya. Pada 1996, ia resmi menandatangani kontrak dengan Sony Music Entertainment. Album Snow on the Sahara resmi dirilis pada tahun 1997 dan dijual di 33 negara di dunia. Ia pun mendapat beragam penghargaan, salah satunya adalah menjadi penyanyi Asia pertama yang berhasil menjual album terbanyak di luar benua Asia.

Pindah ke Prancis sepertinya memang membawa keberuntungan baginya. Setelah berhasil merilis album internasional pertamanya, ia juga akhirnya berhasil mengadakan tur internasional pertama di Amerika Serikat pada 1998. Kesuksesan karir itu bahkan terus berjalan hingga sekarang ia berhasil melahirkan enam belas album berbahasa Indonesia, Inggris, dan Prancis sekaligus.

Pemilik suara kontra-alto ini sekarang telah dikenal sebagai salah satu diva kebanggaan Indonesia. Ia berhasil membuktikan bahwa musikus Indonesia pun punya potensi yang tidak kalah hebatnya dengan musikus Eropa atau Amerika Serikat.

 

Biodata

Nama                       : Anggun C. Sasmi

Asal                          : Jakarta

Genre Musik          : Pop, rock, urban

Tahun Aktif            : 1986 – sekarang

Label                        : April Earth, Universal, Sony, TF1 Musique

Website                   : www.anggun.com

 

Sources:

www.anggun.com

https://www.billboard.com/music/anggun

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!