Bicara Musik

Andmesh Kamaleng
  • By : admin
  • 15 September 2021

Andmesh Kamaleng

Pemuda yang berasal dari Pulau Alor, Nusa Tenggara Timur ini telah menggeluti dunia tarik suara dengan mengikuti berbagai lomba sejak dia duduk di bangku taman kanak-kanak (TK). Dia pernah mengikuti lomba menyanyi dari panggung ke panggung, mulai dari bersolo karier, maupun dengan band yang sukses menjadi juara di Pensi SMA Kr. Mercusuar Kupang. Memulai karier menyanyi sejak kelas 3 SMP, saat itu Andmesh juga rajin menemani ayahnya menjadi penyanyi dari kafe ke kafe sembari bermain keyboard di Kupang, NTT tahun 2011. Kebahagiaan Andmesh sempat sirna ketika sang ayah meninggal dunia pada 2014 lalu, yang mengharuskan Andmesh menjadi tulang punggung keluarga dan mulai menyanyi sendiri.

Pada 2016, Andmesh mendapatkan harapan saat ditawari untuk mengikuti ajang pencarian bakat Rising Star Indonesia. Kemudian, dia mengikuti audisi dengan mengirimkan video dan dinyatakan lolos ke Jakarta. Andmesh berhasil memukau juri di setiap penampilannya, salah satunya pada saat dia menyanyikan lagu milik Beyonce yang dia aransemen ulang sehingga menjadi lagu jazz. Pada Grand Final Rising Star Indonesia, Andmesh sukses keluar sebagai juara dengan hasil voting terakhir sebesar 80%. Dia berhasil mengalahkan tiga kontestan lainnya yakni Fauziah Khalida, Trio Wijaya, dan band Zerosix Park. Dalam penampilan puncaknya, Andmesh Kamaleng membawakan salah satu hit dari Air Supply berjudul “Making Love Out Of Nothing At All”. Sambutan meriah diberikan penonton dan expert untuknya. Di Rising Star, Andmesh mendapat sebuah pelajaran berharga. Salah satunya, ia mendapat pesan Judika. Andmesh pun masih ingat betul bagaimana Judika berpesan hingga menjadi penyanyi profesional.

Berikut lagu yang dirilis oleh Andmesh:

  1. “Jangan Rubah Takdirku” (2017)
  2. “Cinta Luar Biasa” (2018)
  3. “Hanya Rindu” (2019)
  4. “Nyaman” (2019)
  5. “Kumau Dia” (2019)
  6. “Sampai Tua Nanti” (2019)
  7. “Jangan Lupakan Aku” (2020)
  8. “Senyumlah” (2020)
  9. “Tiba-tiba” (2021)
  10. “Bisa Tanpamu” (2021)

Lagu yang berjudul “Cinta Luar Biasa” meledak pada awal 2019 membuat pecutan bagi Andmesh untuk tetap berkarier. Apalagi, Andmesh harus membiayai kehidupan adik dan kakaknya saat itu. Lagu ini setelah tiga bulan dirilis baru naik, kemudian di akhir tahun 2018 Andmesh harus kehilangan ibunya. 

Penghargaan dan nominasi yang diraih oleh Andmesh

  1. Anugerah Musik Indonesia – Kategori Karya Produksi Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik
  2. Mnet Asia Music Awards – Kategori Best Asian Artist Indonesia
  3. LINE Indonesia Awards – Kategori Most Favorite Male Musician
  4. Billboard Indonesia Music Awards – Kategori Top Male Singer of The Year, Top 100 Song of The Year, Top Radio Airplay of The Year, Top Streaming Song of The Year (Audio), Top Streaming Song of The Year (Video)
  5. Anugerah Musik Indonesia – Kategori Album Pop Terbaik, Artis Solo Pria Pop Terbaik

 

Biodata:

Nama : Andmesh Kamaleng

Tempat dan Tanggal Lahir : Alor, Nusa Tenggara Timur, 15 April 1997

Asal : Jakarta / Kupang / Alor

Genre musik : Pop

Tahun aktif : 2016 – sekarang

Label : Hits Records

Website : –