Bicara Musik

ADHITIA SOFYAN
  • By : admin
  • 3 February 2019

ADHITIA SOFYAN

Berkat lagu Adelaide Sky yang menjadi salah satu soundtrack dari film berjudul Kambing Jantan: The Movie (2009), nama Adhitia Sofyan mulai ramai diperbincangkan di industri musik tanah air. Sebelumnya, pria kelahiran Bandung, 6 November 1977 ini sempat memiliki proyek solo di tahun 1999 silam. Bahkan salah satu lagunya berhasil memuncaki tangga lagu indie di sebuah radio swasta Bandung. Namun, karier musiknya sempat terhenti ketika dia sibuk di industri periklanan dan menjadi seorang desain grafis.

Musisi satu ini bisa dibilang unik dan dikenal sebagai musisi kamar. Ya, hal tersebut dikarenakan Adhitia seringkali membuat album rekamannya sendiri secara independen di kamarnya. Tahun 2007 menjadi tonggak kebangkitannya kembali dalam kancah musik indie Indonesia. Hal ini ditandai dengan dirilisnya mini album bertajuk I’m Not Getting Any Slimmer, So Here We Go dan hanya dibuat 100 kopi saja. Dua lagu di album tersebut, yakni Adelaide Sky dan Memilihmu, masuk dalam tangga lagu NuBuzz dan mendapatkan respon positif dari pecinta musik dan sesama musisi.

Perlahan namun pasti, Adhitia mulai memperlihatkan kualitas bermusiknya. Pada tahun 2010 ,dirinya merilis album kedua bertajuk Forget Your Plans (Bedroom Recording Vol.2). Bahkan album ini juga dirilis di Jepang. Terdiri dari dua belas lagu, album ini bercerita tentang percintaan, kehidupan di kota, hingga kematian. Lewat album inilah Adhitia mendapatkan penghargaan untuk kategori Favorite Singer-Songwriter dan Favorite Solo Artis di ajang Indonesian Cutting Edge Music Award 2010.

Setahun kemudian, Adhitia berkesempatan tur keliling Jepang pada September 2011. Uniknya, dokumentasinya selama perform di Jepang ini lantas dibagikan secara gratis untuk para fans. Memperingati delapan tahunnya dalam dunia musik indie Indonesia, Adhitia kembali meluncurkan album bertajuk 8 Tahun. Berbeda dari sebelumnya, di album delapan tahunnya ini dirinya lebih banyak membawakan lagu-lagu berbahasa Indonesia. Bahkan ada satu lagu berjudul Dan Ternyata yang dia nyanyikan dalam bahasa Jawa.

 

Biodata

Nama Lengkap                                : Adhitya Sofyan

Tempat dan Tanggal Lahir           : Bandung, 6 November 1977

Asal                                                    : Bandung

Genre Musik                                    : Akustik

Tahun Aktif                                      : 1999 – Sekarang

Perusahaan Rekaman                    : Demajors

Website                                             : http://adhitiasofyan.wordpress.com/

 

Sources:

https://hot.detik.com/music/d-3554403/hari-ini-adhitia-sofyan-rilis-mini-album-8-tahun?_ga=2.178750179.67241458.1548224062-1780666141.1548224062

https://www.wowkeren.com/seleb/adhitia_sofyan/bio.html

 

Simak profil artis lainnya pada situs Bicara Musik!