Bicara Musik

Pilih Mana? Apple atau Spotify?
  • By : admin
  • 5 March 2019

Pilih Mana? Apple atau Spotify?

Bicaramusik.id – Apple Music dan Spotify adalah pemain terbesar di ruang streaming musik. Spotify pada dasarnya menciptakan pasar seperti yang ada saat ini dan memiliki jutaan lebih banyak pengguna secara global daripada layanan lainnya, tetapi Apple Music sedang mengejar ketinggalan, berkat integrasi dalam ekosistem iOS populer Apple.

Baik Spotify maupun Apple Music menawarkan sebanyak mungkin musik dan konten terkait untuk kamu, termasuk rilisan baru eksklusif dari artis papan atas dan semuanya dapat dialirkan bebas iklan (dengan tingkat berbayar Spotify) atau diunduh untuk bermain offline. Jadi, mana pilihan terbaik untuk kamu?

Langganan dan Paket Harga

Berlangganan Apple Music secara individu berharga $ 9,99 per bulan di Amerika, dengan sedikit variasi harga di negara dan wilayah lain. Demikian juga, satu paket langganan Spotify atau “Premium” dikenai biaya $ 9,99 per bulan, dengan beberapa variasi regional. Selain paket berbayarnya, Spotify juga menawarkan layanan yang didukung iklan gratis yang memungkinkan pengguna untuk memutar lagu, meskipun fitur premium tetap terlarang.

Kedua layanan menawarkan paket siswa dan keluarga masing-masing seharga $ 4,99 per bulan dan $ 14,99 per bulan. Tawaran siswa Spotify saat ini mencakup akses tambahan ke paket TV Hulu yang didukung iklan dan akses tak terbatas ke layanan streaming SHOWTIME. Sementara itu, rencana keluarga Apple Music dan Spotify sangat mirip. Hingga enam orang dapat mengakses layanan menggunakan akun pribadi untuk setiap anggota keluarga, dengan pengecualian bahwa anggota Apple Music juga dapat berbagi pembelian iTunes di samping konten katalog. Apple Music, bagaimanapun, mengharuskan semua anggota keluarga untuk menggunakan kartu kredit yang sama untuk pembelian App Store.

Keanggotaan Apple Music dan Spotify secara otomatis diperbarui setiap bulan, tetapi kamu dapat membatalkan perpanjangan kapan saja dan langganan kamu akan habis pada akhir siklus penagihan Anda saat ini. Langganan premium Spotify yang dibatalkan mengembalikan akun kamu ke layanan gratis yang didukung iklan di akhir siklus penagihan saat ini.

Uji Coba Gratis

Apple Music menawarkan uji coba tiga bulan gratis dari layanan berbayarnya, yang dikonversi menjadi keanggotaan berbayar kecuali pengguna membatalkan sebelum masa uji coba berakhir.

Spotify juga menawarkan uji coba gratis paket Premium-nya, tetapi hanya berlangsung selama 30 hari sebelum penagihan dimulai, meskipun kamu memiliki opsi untuk menggunakan paket gratis selama yang kamu inginkan jika kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengambil keputusan tentang pelayanan.

Perpustakaan dan Mendengarkan Secara Offline

Semua paket Apple Music dan Spotify berbayar memberi kamu akses ke katalog lagu yang sangat besar ketika kamu mendaftar. Apple Music menawarkan 50 juta lagu dalam katalognya, sementara pelanggan Spotify memilih lagu “lebih dari 35 juta”, jadi terlepas dari mana yang memiliki konten terbanyak, keduanya memungkinkan kamu untuk membangun koleksi musik yang besar.

Namun ketika berbicara tentang mendengarkan offline, ada batasannya. Pengguna Apple Music dapat mengunduh maksimum 100.000 lagu ke perpustakaan mereka, dan menggunakan fitur Perpustakaan Musik iCloud Apple, ini dapat disinkronkan di seluruh perangkat yang masuk ke Apple ID yang sama. Anggota Spotify Premium dapat mengunduh hingga 10.000 lagu di masing-masing hingga 5 perangkat yang berbeda, tetapi nomor ini tidak termasuk daftar putar yang disimpan.

Mendengarkan offline di layanan mencakup lagu, konten video, konser, dan eksklusif artis. Selain itu, pelanggan Spotify memiliki akses ke buku audio dan podcast, dan perusahaan ini diketahui berinvestasi besar dalam penawaran podcastnya, sehingga pengguna dapat mengharapkan lebih banyak konten di departemen ini segera.

Kualitas Streaming

Apple Music stream 256kbps file AAC, sementara Spotify menggunakan format Ogg Vorbis dan memungkinkan kamu memilih bitrate tergantung pada bagaimana kamu mendengarkan. Pada seluler kamu dapat memilih untuk streaming dalam kualitas Rendah (24 kbit / d), Normal (96 kbit / d), Tinggi (160 kbit / d) atau Sangat Sangat (320 kbit / d).

Terlepas dari audiofil, sebagian besar pendengar mungkin tidak akan melihat banyak perbedaan antara aliran Spotify dan Apple Music berkualitas tinggi dari lagu yang sama, tetapi kemampuan Spotify untuk memilih bitrate dapat berguna jika kamu khawatir menggunakan data seluler kamu.

RELATED ARTICLES

RELATED ARTICLES