Bicara Musik

Layanan Musik Streaming Berbayar 2018
  • By : Fachrul Adcha
  • 19 January 2018

Layanan Musik Streaming Berbayar 2018

Tidal

Bicaramusik.id – Cari tahu layanan streaming terbaik termasuk Spotify, Apple Music, dan Amazon yang benar-benar membayar per pemutaran.

Berkat layanan streaming musik, label rekaman melaporkan rekor pendapatan tahun lalu.

Pada tahun 2017, ‘tiga besar’ menghasilkan sekitar $ 14,2 juta per hari dari layanan streaming seperti Spotify dan Apple Music.

Universal Music Group sendiri menghasilkan $ 4,5 juta setiap hari tahun lalu.

Meskipun meningkatkan pendapatan dari pemutaran, berapa banyak yang benar-benar dapat dihasilkan oleh artis“

Dalam laporan kami yang dipublikasikan tahun lalu, Digital Music News menemukan bahwa Napster memiliki pembayaran tertinggi.

Setelah hanya 90.000 bermain di platform, para musisi akan memperoleh upah minimum bulanan AS sebesar $ 1.472.

Sebaliknya, Spotify dan YouTube, boleh dibilang layanan musik streaming terbesar, memiliki pembayaran terburuk.

Platform musik Swedia itu memiliki tingkat per-stream sebesar $ 0,0038. Dengan lebih dari 1,1 miliar pengguna, musisi hanya akan menerima $ 0,0006 per pemutaran di YouTube.

Jadi bagaimana keadaannya satu tahun kemudian”

Tahun ini, The Trichordist melihat data terbaru dari label indie utama. Label memiliki katalog 200+ album yang menghasilkan lebih dari 200 juta streaming setiap tahunnya.

Ini adalah sampel yang representatif, meskipun masih mengecualikan kesepakatan tertutup dengan label utama (termasuk kemajuan yang lumayan dan slot iklan pilihan).

Dalam artikel hari ini, kami hanya akan mencantumkan platform musik streaming dengan jumlah pangsa pasar Amerika yang dilaporkan

Groove Music

Anehnya, Microsoft tiba-tiba mengumumkan akhir tahun lalu bahwa ia akan keluar dari pasar musik streaming. Dengan sedikit pengguna yang mengantre di belakang layanan ini, perusahaan tidak dapat bersaing dengan pemimpin pasar yang mapan.

Itu terlalu buruk, karena Groove benar-benar memiliki pembayaran per streaming tertinggi. Trichordist menemukan bahwa Groove Music (terdaftar sebagai Xbox Music) membayar $ 0,02730 per pemutaran.

Meskipun menduduki peringkat tertinggi dalam daftar ini, pangsa pasar musik streaming terendah adalah 0,65%.

Ini menjelaskan mengapa Microsoft meninggalkan pasar musik streaming sama sekali.

Napster mungkin tidak lagi menjadi raja pembayaran streaming, namun pembayaran gaji artis secara signifikan lebih tinggi.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Napster menduduki puncak daftar kami tahun lalu karena platform dengan pendapatan artis tertinggi dibayarkan per streaming.

Menurut The Trichoridst, Napster (terdaftar sebagai Rhapsody) membayar $ 0,01682 per pemutaran. Ini memiliki pangsa pasar 1,75%.

Apple Music

Tidak seperti platform streaming musik saingan Spotify, Apple Music tidak memiliki tier gratis. Itu sebagian menjelaskan mengapa ia menawarkan tingkat per bermain yang jauh lebih tinggi secara signifikan (Apple juga secara sukarela menawarkan pembayaran yang meningkat untuk penerbitan mekanis).

Pada tahun 2017, layanan tersebut membayar $ 0,0064 per streaming. Tahun ini, jumlahnya telah meningkat menjadi $ 0,00783. Apple Music dikabarkan memiliki pangsa pasar 22,29% di pasar musik streaming AS, menempatkannya tepat di belakang Spotify.

Amazon membuktikan bahwa menyediakan dua layanan streaming musik terpisah benar-benar dapat meningkatkan angka.

Jadi, seberapa baik Amazon melakukan streaming di arena musik“

Menggabungkan Amazon Prime Music dan Music Unlimited, Amazon kabarnya memiliki 16 juta pelanggan. Perkiraan terakhir benar-benar menempatkan platform di atas Apple Music, yang terakhir melaporkan “lebih dari” 30 juta pelanggan.

Namun, sulit untuk benar-benar mengatakannya. Raksasa e-commerce tetap sangat tenang dalam masalah ini, dengan ketat menjaga laporan pembayaran artis apapun.

Tahun ini, The Trichordist menemukan bahwa platform streaming membayar $ 0,0074 per pemutaran. Amazon memiliki pangsa pasar 3,80% gabungan.

Deezer

Layanan streaming musik berbasis Prancis Deezer masih belum memiliki kehadiran besar di Amerika Serikat. Menurut beberapa laporan, paling tidak belum.

Platform musik streaming yang mapan tersedia di lebih dari 180 negara dan memiliki lebih dari 40 juta trek berlisensi.

Tahun lalu, layanan tersebut membayar $ 0,0056 per pemutaran untuk artis, sedikit lebih rendah dari Google Play Musik. Tahun ini, tingkat per stream stream streaming melonjak menjadi $ 0,00624. Platform ini memiliki pangsa pasar 3,24% di AS.

Google Play

Pada tahun 2015, artis yang ditandatangani di Google Play Music dilaporkan memperoleh $ 0,0179 per pemutaran. Angka itu turun tajam menjadi $ 0,0059 tahun lalu.

Tepat di belakang Deezer, tingkat per-arus sekarang mencapai $ 0,00611. Ini memiliki pangsa pasar 4% di Amerika.

Eksekutif puncak di Spotify menghasilkan jutaan sementara musisi berusaha hanya untuk mendapatkan uang.

Di lebih dari 60 juta, Spotify memiliki jumlah langganan berbayar tertinggi. Menjelang penawaran Wall Street-nya, valuasi perusahaan telah meroket menjadi $ 19 miliar. Para eksekutif puncak di Spotify dilaporkan mendapatkan gaji tujuh digit.

Lantas, bagaimana artis faring di panggung” Tidak terlalu baik.

Pandora

Pendiri dan mantan CEO Radio Pandora Tim Westergren berjanji kepada investor bahwa perusahaan tersebut akan menghasilkan keuntungan tahun lalu.

2017 datang dan berlalu. Sekarang, Radio Pandora tetap berada dalam bayang-bayang kematian karena saham tersebut berjuang untuk pulih dari posisi terendah dalam sejarah pada bulan November.

Dalam laporan kami tahun lalu, Pandora Radio mendarat di tempat kedua hingga terakhir dengan salah satu pembayaran artis terburuk.

Tidak banyak yang berubah. Trichordist menemukan bahwa Pandora Radio membayar $ 0.00134 per streaming yang biasa. Ini, meski memiliki pangsa pasar tertinggi ketiga di AS sebesar 7,86%.

Sekali lagi, jangan pernah berharap menghasilkan uang di YouTube.

Google memiliki Google Play Musik. Pada tahun 2015, raksasa pencarian meluncurkan YouTube Red.

Kini, dalam waktu kurang dari beberapa bulan, perusahaan tersebut akan meluncurkan platform musik streaming lainnya.

Jadi, akankah ketiga kalinya menjadi pesona“

Berdasarkan rekam jejak Google dengan Play Musik dan YouTube, mereka tidak berdarah.

Tahun lalu, dengan harga $ 0,0006 per game, platform video memiliki pembayaran pendapatan artis terburuk.

Dengan pangsa pasar yang rendah 1,70% yang dipertanyakan rendah di AS, YouTube membayar $ 0.00074 per streaming yang biasa.

RELATED ARTICLES

RELATED ARTICLES