Bicara Musik

[Kilas Balik] Panggung Terakhir Lou Reed
  • By : Fachrul Adcha
  • 23 August 2017

[Kilas Balik] Panggung Terakhir Lou Reed

Lou-Reed

Bicaramusik.id – Hari ini 47 tahun lalu (23 Agustus 1970), Lou Reed manggung terakhir dengan Velvet Underground di klub Max’s Kansas City, Manhattan.

Pada saat itu, Velvet Underground sedang mengerjakan album kelima dan terakhir mereka, Loaded yang menampilkan personil asli di antaranya Lou Reed, John Cale, Sterling Morrison dan Maureen Tucker.

Velvet Underground ditemukan oleh Andy Warhol, yang mengarahkan band ini dan turut memberikan andil atas kesuksesan Velvet Underground.

Bertindak sebagai sutradara dan produser, Andy Warhol memberi Velvet Underground koneksi profil tinggi yang mereka butuhkan untuk mengejar suara dan estetika yang unik.

[inlineAds]

Andy mendorong vokalis asal Jerman, Nico untuk ditampilkan di debut album studio Velvet Underground dan mendapatkan kontrak rekaman dengan MGM’s Verve Records.

Pada 23 Agustus 1970, penggiat seni sekaligus seniman Amerika, Brigid Polk merekam dengan kaset konser Velvet Underground di Max’s Kansas City.

47 tahun kemudian, rekaman tersebut telah menjadi artefak yang tak ternilai harganya, sebuah dokumentasi panggung terakhir Lou Reed sebelum ia bersolo karir.

Dan karena Brigid Polk ingin merekam lagunya sendiri dengan Sony 124, sekarang kita bisa mendengarkan lagu live favorit Velvet Underground hari ini, 47 tahun kemudian.

[relatedPosts]