Bicara Musik

Yacko Tampil di La Belle Hip Hop Festival Brussels Belgia
  • By : admin
  • 11 March 2019

Yacko Tampil di La Belle Hip Hop Festival Brussels Belgia

Bicaramusik.id – Rapper perempuan asal Indonesia Yani Oktaviana atau biasa dikenal dengan nama Yacko kembali diundang mewakili Indonesia untuk tampil di festival hip hop internasional di tahun 2019 ini.

Ajang Festival hip hop yang bertajuk La Belle Hip Hop Festival (LBHHF) diselenggarakan mulai 8 hingga 15 Maret 2019 bertempat di Brussels, Belgia dan tahun ini adalah tahun ke-3 penyelenggaraan mereka.

Bertepatan dengan Hari Perempuan Sedunia, tema dari LBHHF tahun ini adalah Soeur Yes Soeur (Sister Yes Sister) yang menggambarkan tekad wanita menjawab panggilan antara perang, solidaritas, kesatuan visi dan misi bahwa wanita berhak menentukan tujuan yang mereka tetapkan untuk diri mereka sendiri. Dan bahwa mereka tidak lagi membutuhkan orang lain untuk menyetir bagaimana perempuan harus bersikap dan dibelenggu oleh berbagai stereotipe terhadap wanita.

Dengan tema tersebut, para musisi wanita lintas dunia ini ibaratnya diorganisasikan sebagai pasukan elit, bertemu secara metodis untuk memerangi berbagai isu termasuk diskriminasi, kekerasan seksual dan lainnya. Karena bukan rahasia lagi bahwa keadaan darurat telah dinyatakan pada tingkat ini dan bahwa perempuan memahami dan mengambil tindakan yang sesuai untuk mendapatkan haknya

Bertolak menuju Belgia pada 7 Maret, Yacko tampil di hari pertama LBHHF yang berlangsung pada keesokan harinya di Le Botanique, Brussels. Di kesempatan ini Yacko membawakan 7 sampai 8 lagu bertemakan isu-isu perempuan termasuk juga akan menyatakan di panggung LBHHF bahwa ia menolak dengan keras RUU Permusikan yang baru-baru ini menjadi perbincangan hangat di dunia musik Indonesia.

Kemudian di tanggal 9 Maret, Yacko melakukan syuting video clip Soeur Yes Soeur bersama dengan rapper-rapper yang tergabung dalam festival ini. Adapun rapper lain yang juga akan tampil dalam festival ini adalah Shadia Mansour (UK), Comagatte (IT), Dynasty – Ya Girl DY (USA), Cléo (BE), Gloria Boateng (BE), Lidy Fa (BE).

Selain konser, selama 8 hari di 8 lokasi yang berbeda diadakan juga rangkaian acara lainnya yaitu seperti Graffiti Jam, Hip Hop Up Shop, Movie Documentary, Panel Discussions, New La Belle Hip Hop Song, Workshops dan After Party.

 

Penulis : Fajar

Editor : Antie Mauliawati