Bicara Musik

Ungkapan Hati Alwan Alvares Tersirat dalam “Tak Ingin Ada Kata Berpisah”
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 7 February 2024

Ungkapan Hati Alwan Alvares Tersirat dalam “Tak Ingin Ada Kata Berpisah”

Bicaramusik – Perubahan merupakan sesuatu yang dibutuhkan untuk memberikan nafas baru serta sesuatu yang baru untuk diraih kemudian hari. Ini jugalah yang dilakukan oleh Alwan Nabil Alvares yang sebelumnya dikenal dengan nama Alwan, kini mengganti namanya dengan Alvares.

Nama ini selaras dengan konsep musik yang ingin aku bawakan ke depannya,” jelas Alvares mengenai alasan penggantian nama ini, “Jika Alwan lebih ke Pop-Rock Alternatif, Alvares akan mengeksplorasi berbagai sub genre Pop, RnB, dan sedikit unsur Pop-Rock di dalamnya,” lanjutnya.

Itulah mengapa, Alvares memperkenalkan single perdananya yang bertajuk ‘Tak Ingin Ada Kata Berpisah’ yang seakan menegaskan bahwa dirinya memang tidak ingin berpisah dari dunia musik yang telah digelutinya selama ini. ‘Tak Ingin Ada Kata Berpisah’ sendiri berkisah tentang perasaan cinta yang mendalam di dalam suatu hubungan.

Alvares mengisahkan bahwa begitu banyak fase yang dilalui dalam sebuah perjalanan cinta hingga membuat orang yang sedang dimabuk cinta tidak menginginkan ada kata berpisah dengan apapun yang terjadi dalam hubungan tersebut. Hal-hal kecil yang membuat cinta semakin indah seperti memberikan janji dan menyukai segala yang ada pada dirinya menjadi bentuk keyakinan seseorang untuk tidak berpisah dengan yang dia cintai.

Beberapa nama ikut membantu Alvares untuk merampungkan lagu ini, seperti Raihan Yodisya dan Yusuf Yodisya, Elmo Ramadhan, hingga Fahmi Azis. Bisa dibilang, lagu ini telah melalui perjalanan panjang hingga dapat rampung seperti sekarang ini. Dimulai dari pembuatan musik sejak tahun 2022 untuk kemudian dilanjutkan penyelesaian notasi, lirik dan sebagian aransemen di awal tahun 2023hingga pada akhir tahun 2023 lagu ini rampung seutuhnya.

Menurutku Cinta adalah sebuah komitmen untuk bisa menerima segala hal yang ada pada pasangan kita, baik maupun buruk seseorang,” ungkap musisi yang terpengaruh dengan gaya musik dari musisi seperti Reza Artamevia, Dewa 19, Silk Sonic, Harry Styles, hingga Niall Horan ini.

Aku ingin menyampaikan pesan itu pada lagu ini. Konflik yang ada dalam hubungan tidak harus selalu di akhiri begitu saja karena kesetiaan dari jani dan rasa cinta dapat meredam keinginan kita untuk berpisah, dan itulah yang coba aku gambarkan di lagu ini,” katanya melanjutkan.

Di tahun 2024 ini, selain merilis ‘Tak Ingin Ada Kata Berpisah’, Alvares telah menyiapkan album perdananya. Selain itu, Alvares juga tengah menyiapkan live session, sekaligus akan aktif untuk tampil di beberapa event di dalam maupun luar kota. Selain itu, dia juga berharap agar musiknya juga dapat menjangkau pasar nasional dan internasional.