Bicara Musik

Tak Hanya Pandai Bermusik, 7 Musisi Ini juga Penulis Buku
  • By : admin
  • 12 June 2019

Tak Hanya Pandai Bermusik, 7 Musisi Ini juga Penulis Buku

Bicaramusik.id – Pernah dengar pepatah “ketika kata-kata gagal, musik berbicara”? Tiap-tiap orang memang memiliki kelebihan dalam mengekspresikan sebuah pemikiran. Ada yang piawai membuat lagu, ada yang pandai merangkai kata menjadi kalimat.

Namun ada juga yang diberi kemampuan bisa menulis buku dan juga membuat lagu. Tidak percaya? Berikut 7 musisi yang tidak hanya membuat lagu, tetapi juga menulis buku.

Check this out!

Credit: nme.com

Morrissey

Penyanyi yang menggawangi band The Smiths ini juga seorang penulis. Tahun 2013, ia menerbitkan otobiografinya yang berjudul Autobiography. Buku Autobiography bercerita tentang kisah hidup Morrissey sebagai musisi bersama bandnya yang akhirnya bubar dan bersolo karir.

Ada banyak ‘untold story’ yang akan kamu dapatkan saat membaca kisah hidup musisi bernama lengkap Steven Patrick Morrissey ini.

 

Credit: altpress.com

Gerrard Way

Sudah nonton serial Netflix berjudul The Umbrella Academy? Ini dia penulisnya! Yap, Gerrard Way adalah penulis serial komik dengan judul yang sama. Dalam pengerjaannya vokalis My Chemical Romance ini dibantu oleh seorang ilustrator bernama Gabriel Ba.

Saat terbit pada September 2007, komik ini menyabet beberapa penghargaan, salah satunya Best Finite/Limited Series pada Eisner Award tahun 2008. The Umbrella Academy bercerita tentang Sir Reginald Hargreeves, seorang alien yang menyamar menjadi seorang pebisnis yang mengadopsi 7 anak manusia yang dilatih untuk menyelamatkan dunia dari kiamat.

 

Credit: spin.com

Tom Delonge

Musisi yang satu ini memang produktif sekali. Kalau ditotal, sudah ada 8 buku yang ditelurkan oleh mantan gitaris Blink 182 ini. Buku yang ditulisnya juga beragam. Mulai dari novel, komik, buku cerita anak-anak, sampai perjalanannya membesarkan Blink-182 bersama Mark Hoppus dan Travis Barker. Kebanyakan buku-bukunya bergenre sci-fiction, fantasy, alien, dan kepercayaan terhadap hal-hal gaib. Luar biasa memang.

 

Credit: allfinweb

John Lennon

Belum ‘sah’ jadi fans The Beatles jika belum pernah membaca buku yang ditulis oleh sang juru kunci, John Lennon. Dibalik sikap dan ujarannya yang kontroversial, Lennon adalah musisi yang produktif. Ada 3 buku yang pernah ia buat sebelum wafat karena ditembak penggemarnya sendiri.

Buku pertama, In His Own Write (1964) dan buku keduanya, A Spaniard in the Works (1965), terbit saat John masih tergabung dalam The Beatles. Lalu buku ketiganya yang berjudul Skywriting by Word of Mouth (1986) adalah buku terakhir yang sempat ia buat sebelum meninggal 6 tahun sebelumnya. Ketiga buku John tersebut hampir semuanya bercerita tentang sajak, puisi, dan gambar-gambar kartun mengenai alam. Ada yang sudah pernah baca bukunya? Keren banget loh reviewnya!

 

Credit: hardrockfm.com

Dewi Lestari

Namanya kini lebih terkenal sebagai penulis. Sebut saja novel Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh yang terbit pada 2001 dan menjadi novel serial tersendiri. Kemudian ada Perahu Kertas, Filosofi Kopi, Recto Verso, dan masih banyak lagi.

Akrab dengan nama pena ‘Dee’, Dewi Lestari justru mengawali karirnya di dunia tarik suara. Mulanya, ia menjadi backing vocal penyanyi almarhum Chrisye. Tak seutuhnya lepas dari dunia musik, Dee hingga kini masih aktif menulis serta menciptakan beberapa lagu. Salah satunya adalah lagu Kali Kedua yang dinyanyikan oleh Raisa Andriana di tahun 2016.

 

Credit: goodreads.com

Fiersa Besari

Ingin kekasih atau pasangan idamanmu dimabuk asmara? Pakailah sajak-sajak cinta dari Fiersa Besari. Sosok  aktif bermusik sebagai vokalis band indie post rock Climacteric hingga melahirkan album bertajuk ’11:11′ (2012) dan berlanjut dua album berikutnya.

Sejak buku ‘Garis Waktu’ diterbitkan oleh MediaKita (Agromedia Group), dia mantap berkiprah sebagai penulis. Sejak September 2016 sampai kini, Fiersa sudah menerbitkan tiga buku. ‘Garis Waktu’ yang memuat pemikirannya berhasil terjual lebih dari 10 ribu eksemplar. Buku kedua ‘Konspirasi Alam Semesta’ diterbitkan dengan konsep album buku (Albuk), dan ‘Catatan Juang’ yang merupakan spin-off dari buku sebelumnya.

 

Credit: Booksgoogle

Risa Saraswati

Berbekal pengalaman mistis yang dialaminya, buku Gerbang Dialog Danur yang ia tulis dan diterbitkan tahun 2011 itu menjadi terkenal.  Buku yang menceritakan sisi lain dari dunia Risa termasuk kisah mistik dalam kehidupannya, sukses diadaptasi ke layar lebar dengan judul Danur di tahun 2017.

Sebelum serius berkarir menulis, Risa nyatanya telah lebih dulu berkarir sebagai seorang musisi. Ia tercatat sebagai salah satu anggota band electro-pop bermana Homogenic di tahun 2002. Di tahun 2009, Risa memutuskan untuk menjadi vokalis band Sarasvati. Salah satu lagu karya Risa berjudul Story of Peter, telah meraih 2 juta penonton di akun Youtube pribadi Risa Saraswati.

Hingga saat ini Risa telah menelurkan kira-kira 20 buku lebih. Wow! Keren banget kan? Apakah kamu salah satu penggemar buku-buku Risa?

 

 

Penulis: Rizki Ramadan

Editor: Antie Mauliawati