Bicara Musik

“Setengah Tahun Ini”, Lagu Penutup dari Hindia
  • By : admin
  • 15 July 2020

“Setengah Tahun Ini”, Lagu Penutup dari Hindia

Bicaramusik.id – Tepat tengah malam pada Rabu (15/7) lalu, Hindia meluncurkan 3 video terbaru melalui kanal YouTube-nya. Salah satu video tersebut merupakan video musik dari lagu penutupnya yang bertajuk “Setengah Tahun Ini”. Lagu ke-17 dari album “Menari Dengan Bayangan” ini resmi menutup era Menari Dengan Bayangan. “Matahari tenggelam,” ditulisnya pada video musiknya.

Disutradarai oleh Yudhistira Israel atau yang kerap dikenal Izzy atau VNGNC, video musiknya diambil dari beragam footage dari YouTube yang menggambarkan fenomena yang terjadi selama tahun 2020 ini. Dari mulai berita mengenai Wuhan dan pandemi, demo mahasiswa, dan lainnya. Setelah enam bulan sejak perilisan debut albumnya, lagu “Setengah Tahun Ini” merekap secara lirikal dan musikal dari albumnya itu. Tidak hanya itu, kejadian dan fenomena yang tengah terjadi di dunia pun kerap ia ceritakan pada lirik lagunya.

“Siapa yang sangka, siapa yang sangka
Enam bulan sekarang terasa selamanya?
Siapa yang sangka, siapa yang sangka
Kita ada di sini, oh absurd rasanya”

Ciri khas musik Hindia yang lebih cenderung berkata dan bercerita dibanding bernyanyi memang memiliki makna tersendiri. Dari keresahan yang ia alami dan utarakan pada musiknya, seperti pada liriknya “Harus ikut stres karena ku mulut besar” juga “Karena Omnibus, McD Sarinah, Staf Khusus“. Selain itu, ia pun juga menyampaikan dukanya pada garda depan dan artis Glenn Fredly, pada liriknya “Dan semua hati diwabah duka. Bunga untuk semua korban dan yang garda depan. Dan semua hati diwabah duka. Bung Glenn dan cinta dalamnya yang semua rasa

Kunto Aji dengan albumnya “Mantra Mantra” yang dikabarkan menginspirasi Hindia pada albumnya sendiri, turut menyanyikan beberapa baris di lagu ini. Sebagai pengisi vokal tambahan, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Kunto Aji membawakannya dengan begitu menyentuh. Suaranya pun menjadi pelengkap bagi lagu “Setengah Tahun Ini”.

Dengan ini, mari refleksi diri bersama. Apa yang sudah kamu lakukan selama setengah tahun ini? Bagaimana kamu akan menempuh setengah tahun lagi?

Simak artikel berita musik ter-update lainnya pada situs dan media sosial Bicara Musik!