Bicara Musik

Seruan Mari Begoyang dari Iwan Fals dan Sandrayati Fay dalam Lagu “16/01”
  • By : admin
  • 30 July 2021

Seruan Mari Begoyang dari Iwan Fals dan Sandrayati Fay dalam Lagu “16/01”

Bicaramusik.id Setiap manusia dapat mencurahkan emosi dan perasaannya melalui media apapun. Tidak perlu mendapat gelar atau julukan untuk membuat sebuah karya. Kita bisa mengekpresikan kegelisahan sehari-hari melalui susunan kata yang berirama. Pandemi belum usai, perang kerap terjadi. Ada perasaan saling curiga, bahkan ketidakadilan terjadi begitu jelas di depan mata. Namun semua hal itu dapat disikapi dengan doa, rasa syukur, dan hati yang gembira. Dalam keadaan saat ini, Iwan Fals dan Sandrayati Fay hadir dalam karya kolaborasi “16/01”. Lagu ini berdurasi hampir 8 menit, bercerita tentang berbagai hal yang tercipta berdasarkan cinta.

“Lagu ‘16/01’ dibuat pada tanggal 16 November 2020 sampai 01 Juni 2021. Tanggal 16 dibuat dan tanggal 01 selesai, jadinya 1601. Judulnya diubah beberapa kali. Awalnya ‘1618’, dari tanggal 16 November 2020 sampai selesai 18 November 2020. Kemudian setelah melakukan pengulangan beberapa kali, akhirnya menjadi 1610,” jelas Iwan Fals tentang lagu terbarunya ini.

Kolaborasi ini rupanya bukan pertemuan pertama Iwan Fals dengan Sandrayati Fay. Mereka telah berjumpa pada tahun 2016 saat Sandrayati Fay tampil di Situs Budaya, yaitu konser yang digelar oleh Iwan Fals sendiri.

“Saya kenal Sandra sejak tahun 2016. Kolaborasi ini terbentuk berkat peran Cikal. Dia merasa lagu ini cocok dibawakan dengan Sandra. Saya pun merasa cocok. Sosok Sandra luar biasa, komunikatif, perhatian terhadap alam, terhadap orang lain, keseimbangan, dan hal-hal yang positif. Sandra sangat menghayati, ada ketenangan batin,” ungkap Iwan Fals. “Untuk Sandra yang sedang di negeri sana (Islandia), terus semangat. Semoga lagu ini bisa menghangatkanmu yang sedang kedinginan di sana dan tetap menjaga tali silaturahmi,” lanjutnya lagi.

Sandrayati Fay mengungkapkan kebahagiaannya atas kesempatan berkolaborasi bersama Iwan Fals. “Saya merasa terharu bisa diajak kolaborasi dalam lagu ini. Rasanya ’16/01′ sangat relevan dengan keadaan sulit yang kita alami sekarang. Senang sekali bisa ikut untuk mengkomunikasikan pesan tentang cinta kasih ke orang banyak.”

“Iwan Fals selalu punya hati yang besar dan berani untuk ngomong ke luar. Saya selalu terinspirasi sama perspektifnya tentang hidup, dan merasa beruntung bisa nyanyi bareng sambil terus merayakan hidup. Aku sangat bersyukur bahwa Iwan Fals dan keluarganya percaya banget sama musik saya dan membantu perkembangan karirku sampai sekarang,” ungkap musisi yang pernah tinggal di Bali ini. Proses pembuatan lagu “16/01” dimulai dengan jamming session di dalam studio. Saat itu, mereka mengeksplor bentuk lagu yang akan dibuat. Keduanya pun melakukan perekaman lagu dalam jarak jauh di tempat masing-masing.

Lewat lagu ini, Iwan Fals dan Sandrayati Fay ingin berpesan agar kita semua dapat mengisi waktu secara produktif. Iwan Fals mengatakan bahwa lagu ini adalah bentuk dari bahasa cinta, bercerita bahwa kita semua harus sama-sama survive di dalam hidup ini. Saat menulis lagu ini, Iwan Fals pun berharap agar dunia dapat menjadi lebih baik.

Benny Bharata selaku General Manager dari Musica Studio’s mengatakan bahwa Iwan Fals akan melakukan pelelangan alat musik. Hasil pelelangannya akan disumbangkan kepada korban pandemi saat ini. Pelelangan akan berlangsung pada tanggal 16 Agustus 2021, bertepatan pada hari jadi Organisasi Kemasyarakatan Oi. Mereka sangat berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik.

Lagu “16/01” juga hadir dalam bentuk video klip, dirilis pada tanggal 1 Agustus 2021 pukul 16.01 di channel YouTube Musica Studio’s. Konsepnya berhubungan dengan kondisi pandemi, dimana lokasi shooting-nya berada di rumah masing-masing. Iwan Fals juga akan merayakan perilisannya dalam Instagram Live di tanggal yang sama pada pukul 15.30.

Para penggemar Iwan Fals pun harus siap-siap, karena musisi yang dijuluki sebagai Great Asian Hero ini akan merilis album baru di bulan September. Ada beberapa musisi muda lainnya yang hadir di dalam album tersebut, seperti Nadin Amizah, Rara Sekar, NonaRia, Danilla, dan lain-lain. Kita tunggu saja, ya!

Mau baca berita terbaru lainnya? Klik di sini, yuk! Jangan lupa simak juga profil musisi favoritmu di website Bicara Musik!