Bicara Musik

Senar Senja: Pelepas Kepenatan Seusai Lelah Bekerja
  • By : admin
  • 1 February 2019

Senar Senja: Pelepas Kepenatan Seusai Lelah Bekerja

Bicaramusik.id – Bagi yang merasa gerah atau mulai tidak tahan dengan suhu politik yang sedang memanas ini, salah satu langkah alternatif untuk bisa mengalihkannya yakni dengan mendengarkan musik-musik yang bernuansa adem dan menyejukkan seperti akutik.

Nah, di antara banyak sekali band atau solois akustik yang kini terus bermunculan, ada sebuah grup akustik yang mampu menyeruak dari kerumanan dan namanya kian moncer yaitu Senar Senja.

Grup akustik ini asalnya dari duo pemetik dawai yang diawaki Febry Rufiandhy serta Aditya Sidhi yang sebelumnya sering tampil di acara kampus sembilan tahun silam dan akhirnya memutuskan untuk memberi nama Senar Senja di tahun 2012. Pergerakan panggung duo akustik ini rupanya cukup intens  yang tidak hanya tampil di sejumlah gigs Ibukota tapi juga menjelajahi kota-kota lain. Senar Senja juga sempat juga melanglang buana untuk mengikuti beberapa festival musik internasional, salah satunya adalah “International Samaa’ Music Festival” di Cairo, Mesir.

Sayangnya setelah dua tahun merilis debut album bertajuk Bersenjagurau, berisikan delapan komposisi akustik yang berhasil memikat sejumlah pendengar musik, Aditya Sidhi memutuskan mundur. Sebelum benar-benar, berpisah mereka sempat merilis single berjudul “Savana” pada tahun 2017.

Seorang diri memanggul Senar Senja tak membuat Febry tertatih. Bahkan dengan langkah mantap, Febry berani merilis album ke dua Senar Senja yang bertajuk Kelana di tahun 2018 lalu. Album ini bersisi sepuluh kidung bernuansa tenang berisi lirik-lirik lugas berbalut puitis yang sengaja dihadirkan untuk menemani hari-hari penikmat musik akustik di tengah sumpeknya suasana Ibukota.

Febry Rufiandhy kali ini bertindak sebagai seorang vokalis, gitaris, sekaligus penulis lagu-lagunya juga merangkap sebagai komposer, pengaransemen dan pianis dalam album. Untuk melengkapinya, ia pun menggamit beberapa musisi seperti Ana Achjuman (vokal latar, violinist), Kevin Nikolas (gitar, flute, clarinet) di lagu Soundscape, Asteriska dari Barasuara mengisi vokal di lagu “Savana”, serta Adhie Bona, basis dari Sungai.

Untuk bisa menikmati album Kelana dari Senar Senja, silakan menuju ke gerai musik digital seperti, iTunes, Apple Music, Joox, Spotify, Deezer dan sebagainya.

 

Penulis : Fajar

Editor : Antie Mauliawati