Bicara Musik

Selamat Datang di Program Pesta Antariksa Kief
  • By : admin
  • 16 March 2019

Selamat Datang di Program Pesta Antariksa Kief

Bicaramusik.id – Pesta rock dan pergi melanglang antariksa, melaju di tengah badai gurun Mars dalam tensi hujan batu yang membuat kita ingin terjun, meninju dan berteriak lebih dalam dan keras lagi. Cosmic Suplex memberi lintasan yang dibutuhkan untuk itu, panjang juga berarak, menembus dua juta tahun kecepatan cahaya.

Space rock jagoan yang menjelajah selama 23 menit konstelasi bintang dan debu meteorit ini adalah perjalanan mengunci geraham menuju ekstase tumbuk supersonik – buy the ticket, take the ride – navigasi sirkus galaksi.

“Gue menyebutnya rock tripping, membuat semua orang yang mendengarkan album ini atau mereka yang datang ke panggung kami menjadi larut ke dalamnya. Gemas menggigit bibir bawah,” cetus Don Marley, salah satu dari trio pilot Kief.

Direkam hanya dalam satu kali tekan live track di Noise Lab Studio kawasan Rawamangun, Jakarta Timur, debut ini memperlihatkan proses organik yang terjadi pada sesi pembuatannya. Tidak ada manipulasi suara sama sekali, kecuali beberapa kebutuhan overdub gerungan atmosferik, pun memanfaatkan kesalahan-kesalahan kecil yang terdengar menyelip di sepanjang komposisi sebagai bagian dari etos alami, bahwa ketidaksempurnaan adalah sebuah kesempurnaan. “Kami sengaja tidak menghapus atau mengeditnya. Karena memang itu esensi dari semangat jamming yang ingin kami tonjolkan,” ucap pilot lainnya lagi, Hofmann.

Terdapat sebelas sub-judul yang tertera mengisi empat bagian anyar Cosmic Suplex. Masing-masingnya bermotifkan peristiwa atau gejala fiksi ilmiah. “Bayangkan sebuah komet melayang ketika elo sedang jalan-jalan naik boogey perang Metal Slug di padang luar angkasa,” sebut El Gringo, satu pilot terakhir, yang juga menambahkan jika semua istilah celestial yang digunakan di album ini benar-benar ada secara ilmiah.

Beberapanya di antaranya “Swift Tuttle”, yaitu komet yang diramalkan akan menghantam bumi pada tahun 2126 dan menyebabkan kepunahan massal, atau “SL9” yang diambil dari nama komet yang pernah menabrak planet Jupiter di tahun 1994. Pada “Asteroid: Vredefort”, mereka mengambilnya dari nama kawah berdiameter 300 km hasil tubrukan meteor di Afrika Selatan yang konon mengakibatkan tumpasnya habitat dinosaurus, sementara “Spaghettification” merupakan tragedi yang terjadi jika kita tersedot masuk ke dalam Lubang Hitam di mana gravitasi menarik dan tubuh akan meregang seperti spageti.

Cosmic Suplex dirilis di bawah bendera Lawless Records dengan desain sampul seekor ikon bunglon hasil kreasi Awan Pamungkas. Mixing & mastering oleh Pandji Dharma di Palm House Studio.

Dan demi menyambut terbitnya debut ini, Kief menghelat sebuah rangkaian peluncuran yang diberi tajuk COSMIC SUPLEX PROGRAM. Sesi pertama akan dilakoni pada 22 Maret 2019 berupa lokakarya yang dirancang sebagai ajang saling berbagi pengalaman inspiratif dan cara bersenang-senang maksimal ala Kief. Bertempat di lantai 2 Lawless Burger Bar, Kemang, Jakarta Selatan dengan menghadirkan pembicara Daniel Mardhany (Deadsquad, Alaium Records) dan Kimo Rizky (Kimokal, Double Deer) dalam mengupas tema seluk beluk industri musik independen.

Sesi selanjutnya akan terjadi pada 6 April 2019, COSMIC SUPLEX PARTY di lantai 4 Rossi Musik, Jakarta Selatan di mana Kief bakal mengolaborasikan rock tripping dengan visual megah berukuran 12 meter yang menjamin sebuah pengalaman rekreasi indera penglihatan terbaik yang pernah kalian saksikan.  Kief didukung penuh dari segi visual oleh proyektor Epson dengan teknologi 3LCD  yang membuat visual tampak detil dan nyata.

Dengan kecerahan sampai 7000 lumens, Proyektor Epson mampu berkolaborasi dengan para seniman visual untuk menciptakan suatu karya seni dengan warna yang nyata, gambar yang detail dan efek yang mengagumkan. Visual yang dikeluarkan oleh teknologi 3LCD Proyektor Epson didukung juga dengan tata suara penuh berteknologi 4.1 surround sound system. Kief mengajak keliling antariksa, menembus batas imajinasi dan memberi suatu pandangan baru sebuah pesta musik rock.

COSMIC SUPLEX PROGRAM juga akan dilaksanakan di kota Bandung dalam waktu dekat. Kief sangat antusias untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak di kota manapun di dunia ini. Simak terus detail dan kelanjutan program kosmik psikadelia melalui akun resmi kami @kiefjkt. Semua orang diundang.

Kief dibentuk pada tahun 2012 silam di Jakarta. Mereka cukup lama bolak balik bertransformasi sebelum menemukan bentuk paling ideal sebagai trio instrumental antariksa yang memainkan musik rock seperti tiga astronot slebor dalam limbo ulang-alik.