Bicara Musik

Selain Gorillaz, Ini 5 Band Yang Ternyata Proyek Solo Seorang Musisi
  • By : admin
  • 26 June 2019

Selain Gorillaz, Ini 5 Band Yang Ternyata Proyek Solo Seorang Musisi

Bicaramusik.id – Kamu pasti sempat mengira kalau Gorillaz adalah sebuah band, benar begitu? Apalagi Gorillaz punya 4 karakter animasi. Padahal, Gorillaz adalah proyek solonya Damon Albarn sang pentolan Blur. Gorillaz mendapatkan titel sebagai ‘Band Virtual Terbaik’ di Guiness Book of Record lho!

Nah, ternyata selain Gorillaz ada banyak lagi lho musisi yang bikin proyek musik dan nggak pake namanya sendiri. Mereka membuatnya seolah-olah itu adalah sebuah band.

Kita yang cuma mendengarnya dan melihat video klipnya pun mengira kalau proyeknya itu adalah sebuah band. Maklum, musiknya kompleks dan kaya banget sih. Instrumennya pun juga banyak. Selain itu, di video klip, mereka kerap nggak menampilkan diri. Makanya tak jarang dari kita tidak menyadari bahwa yang kita lihat sebagai “Band” ini ternyata adalah proyek solo dari seseorang. Siapa aja sih mereka?

 

1. Bon Iver

Band indie folk dari Amerika yang terbentuk 2006 ini memang kalau manggung bisa bawa banyak orang. Eittsss… tapi sebenarnya ini adalah proyek solonya penyanyi Justin Vernon lho!

Sebelum bikin Bon Iver, Justin udah punya tiga album. Dia juga punya proyek musik lainnya, seperti Mount Vernon, DeYarmond Edison, Shouting Matches, Volcano Choir, Gayngs, dan Big Red Machine. Banyak kan? Maklum, doi memang musisi multi-instrumen sekaligus produser.

Bon Iver dibentuk setelah Mount Vernon bubar. Justin cabut dari Raleigh, California Utara untuk balik lagi ke Wisconsin. Dia menghabiskan musim dingin di kabin bokapnya dan jadi deh album pertama Bon Iver yang bertajuk For Emma, Forever Ago

 

2. M83

Mendengar musik elektro pop dari M83 pasti bikin kita ngira kalau ini adalah sebuah band. Soalnya, musiknya kaya bunyi banget.

Sebenarnya, M83 adalah proyek solonya Anthony Gonzalez. Musisi Perancis yang menetap di Los Angeles. Proyek ini dimulai Anthony sejak 2001. Ia bikin album berisi 8 lagu saat masih kuliah. Album itu nggak terkenal, sampai pada 2005, Mute Records tertarik untuk rilis ulang untuk didistribusikan secara internasional.

Oh ya, di M83, Anthony juga kerap berduet dengan Nicolas Fromageau lho! Sampai sekarang, M83 jadi ikon musik elektropop yang nuansa musiknya luar angkasa namun agak nelangsa gitu.

By the way, M83 pernah manggung di Indonesia loh pada tahun 2006. Nonton nggak?

 

3. Passion Pit

Passion Pit adalah band indie pop yang dibuat oleh Michael Angelakos pada 2007. Michael adalah seorang penyanyi, penulis lagu dan produser rekaman.

Passion Pit pertama kali rilis album pada 2009 bertajuk Manners. Semua lagu dibuat dan diaransemen oleh Michael dengan Chris Zane sebagai asisten produksinya.

Tapi kalau lagi manggung, Passion Pit selalu tampil dengan formasi Chris Hartz sebagai drummer, Giuliano Pizzulo sebagai bassist dan Ray Suen sebagai Gitaris

 

4. Tame Impala

Kalau kamu mulai suka sama Tame Impala, kamu mesti mengakrabi sosok Kevin Parker juga. Soalnya, Kevin lah yang jadi otak serta mesin utama Tame Impala. Ia yang menulis lagu, meracik musik dan merekam semua materi yang dihasilkan oleh Tame Impala.

Kevin pertama kali mulai serius sama proyeknya ini sejak 2007. Saat itu dia sering rekaman di kamarnya dan mengunggah ke MySpace. Dari situ muncullah label yang tertarik dengan Tame Impala.

Kalau lagi pentas di panggung, Kevin pasti mengajak Dominic Simper (Gitar, Synth), Jay Watson (gitar), Cam Avery (bass) dan Julien Barbagallo (Drum).

Ternyata, Kevin juga tergabung di sebuah band bernama Pond. Di situ, ia megang posisi drummer. Ada yang sudah pernah tahu sebelumnya tentang Kevin?

 

5. Five for Fighting

Hmm… kalau mendengar yang satu ini emang agak old school. Tapi tetap mesti masuk ke dalam list dong! Kamu pasti akrab dengan singles Superman (2001) atau 100 Years (2003).

Nah, satu hal yang mungkin kamu belum tahu adalah Five for Fighting itu bukan band, melainkan sebuah proyek solo dari Vladimir John Ondrasik III

Ondrasik adalah musisi kelahiran 1965 yang awalnya berkarier sebagai penyanyi opera. Ia lalu bikin proyek solo dan menelurkan album pertama pada 1997. Namun, baru pada 2001 kariernya meledak lewat lagu Superman (It’s Not Easy) yang masuk tangga lagu billboard.

Nama Five for Fighting berasal dari istilah olahraga hockey. Ondrasik memang penggemar berat olahraga tersebut.

Nah, dari kelima proyek solo tadi, mana sih yang paling membuatmu tercengang?

 

 

Penulis: Rizki Ramadan

Editor: Antie Mauliawati