Bicara Musik

Nominasi Grammy ke-65 Diumumkan, Beberapa Snubs di Grammy Tahun Ini
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 18 November 2022

Nominasi Grammy ke-65 Diumumkan, Beberapa Snubs di Grammy Tahun Ini

Bicaramusik.id – Nominasi ajang penghargaan tahunan milik Recording¬†Academy “Grammy Awards” baru saja diumumkan. Tahun ini Grammy kembali dengan menambahkan kategori baru termasuk “Songwriter of The Year”, “Best Video Game Soundtrack”, “Best Song for Social Change” dan beberapa lannya.

Tahun ini, pada 3 kategori utama yaitu “Record of The Year”, “Album of The Year” dan “Song of The Year” disabet oleh Beyonce dengan “RENAISSANCE”, Harry Styles dengan “Harry’s House” dan Adele dengan “30”. Bonnie Raitt musisi sekaligus gitaris legendari yang dinobatkan oleh majalah Rolling Stone sebagai salah satu gitaris terbaik sepanjang masa menerima satu nominasi dalam kategori “Song of The Year” dengan “Just Like That”.

Bad Bunny, musisi latin asal Puerto Rico melahirkan sejarah tahun ini dengan nominasi “Album of The Year” berkat album “Un Verano Sin Ti”. Album ini menjadi album bebahasa Spanyol pertama yang menerima nominasi tersebut. Menjadi saingannya dalam kategori yang sama, Grup musik legendari “ABBA” juga menerima nominasi dengan album “Voyage”.

“abcdefu” milik GAYLE yang viral beberapa waktu lalu di media sosial Tiktok sukses menembus penilaian nominasi “Song of The Year” tahun ini. Single hasil produksi ulang Taylor Swift “All Too Well (10 Minutes Version) (The Short Film)” juga menerima nomiasi yang sama.

Di samping itu, beberapa nominasi lain oleh warganet dianggap tidak memuaskan karena lagu lain dianggap lebih pantas mendapat nominasinya. Snub terbesar tahun ini terjadi pada “Megan Thee Stallion”, pasalnya album “Traumazine” yang dirilis pada Agustus lalu dianggap pantas menerima nominasi “Best Rap Album”. Beberapa single dari album ini seperti “Sweetest Pie”, “Plan B” dan “Her” juga dianggap warganet sebagai salah satu lagu rap yang pantas mendapat nominasi “Best Rap Song”. Sementara rapper perempuan sedang merain popularitas yang tinggu, tidak ada atupun rapper perempuan yang menerima nominasi “Best Rap Song” dan “Best Rap Album”.

Dalam kategori Rock, Ozzy Osbourne menyabet keempat nominasi dengan album “Patient Number 9”. Di kategori “Best Rock Album”, Machine Gun Kelly menerima nominasi dengan album “Mainstream Sellout” yang sedikit mengherankan bagi warganet karena merasa masih banyak album yang lebih pantas mendapatkan nominasi tersebut.

Sementara dalam kategori R&B, Summer Walker yang disebut sebagai “salah¬† satu musisi yang memertahankan musik R&B saat ini” sebulan yang lalu oleh Grammy malah tidak mendapatkan nominasi di tahun ini.

Gimana menurut kalian nominasi Grammy tahun ini?