Bicara Musik

Pesan Optimisme Mocca Lewat Single “Brand New Day”
  • By : admin
  • 20 November 2020

Pesan Optimisme Mocca Lewat Single “Brand New Day”

Bicaramusik.id – Belum lama merilis single album “Day by Day” pada awal November lalu, kini Mocca kembali merilis sebuah single berjudul “Brand New Day”. Di lagu ini memiliki tempo cepat dan menebarkan kesan optimisme ala Mocca di tengah pandemi yang belum usai.

Gitaris Riko Prayitno menceritakan bahwa lagu ini merupakan lagu lama sebelum pandemi melanda, bahkan lagu ini telah selesai direkam pada awal 2020 karena direncanakan termuat di EP (extended play) yang akan dirilis. Namun, di luar dugaan pandemi pun menghambat proses tersebut dan mengharuskan band asal Bandung ini menahan rencananya.

“Rencana awalnya kami akan merilis EP saat Record Store Day, April 2020. Dari awal tahun kami sudah menyelesaikan rekaman empat lagu. Kami merilis ‘Simple I Love You’ pada Februari 2020 sebagai pembuka EP, dan ‘Brand New Day’ saat Record Store Day. Ibaratnya, peluru sudah siap untuk ditembakan, ternyata ada pandemi. Kalau dipaksakan rilis EP dan single ‘Brand New Day’, momennya sangat tidak tepat,” ungkap Riko. 

Pada akhirnya mereka menyiapkan rencana lain, dan selama pandemi ini justru para personel Mocca semakin produktif loh. Mereka bahkan belajar teknis rekaman. Hasilnya, dua single yang berhasil membawa semangat, harapan, dan opimisme di masa pandemi. Hal itu guna untuk membuat para pendengar Mocca tidak merasa kecewa.

Tepat pada Jumat (20/11) single “Brand New Day” dipilih untuk menguatkan citra album yang berkaitan dengan hari dan waktu.”Lagu ‘Brand New Day’ adalah identitas album ‘Day by Day’. Tema tentang hari dan waktu menjadi benang merah album ini,” kata Riko.

Nah, faktanya Mocca telah merancang alur album “Day by Day” karena ingin berbagi harapan dengan pendengar. Dimulai dari “Simple I Love You”, kemudian “Everything is Gonna Be Fine”, “There’s A Light at the End of the Tunnel”, dan “Brand New Day”. 

Musik yang penuh dengan rasa optimis sangat menggambarkan identitas dari band yang berusia 21 tahun ini.

“Pokoknya yang mendengar album ini harus happy. Kalau bisa album ini jadi obat di tengah ketidakpastian dan pesimisme,” ujar Riko.

Wah, bener banget sih dengerin “Brand New Day” di tengah pandemi gini kayaknya cukup mengobati rasa bosen kita ya selama pandemi! Semoga lagu ini juga bisa membawa kabar baik ya buat kita semua!