Bicara Musik

“Mereka Merdeka”, Single Kedua dari Aligun
  • By : admin
  • 26 February 2020

“Mereka Merdeka”, Single Kedua dari Aligun

Bicaramusik.id – Solois asal Jatinangor, Aligun, telah melepas nomor tunggal keduanya dengan judul “Mereka Merdeka” pada Sabtu (22/2). Lagu tersebut hampir secara keseluruhan dikerjaan oleh dirinya sendiri.

Musik pengiring dalam “Mereka Merdeka” lebih sederhana dibanding single-nya sebelumnya. Hanya ada gitar, synth, bas, dan drum yang dimainkan Jeremy Jonathan (penanggung jawab mixing,mastering lagu ini sekaligus pentolan dari band Jatinangor lain, Superego) yang mengiringi nyanyian Ali. Namun, progresinya menunjukkan nada-nada yang serupa dengan apa yang Thom Yorke mainkan dalam proyek solonya maupun “No Surprises” atau “Lotus Flower” Radiohead.

Dari sisi lirik, Aligun menuliskan dalam deskripsi video di kanal Youtubenya, “Singel kedua saya ini didedikasikan untuk semua orang yang lelah, yang menyadari bahwa merdeka adalah omong kosong, hanya rekaan belaka.”

Sebelumnya, ia telah melepas lagu yang lebih kaya akan instrumen, “Sumpah Serakah”, pada May 2019. Lagu tersebut memasukkan unsur tabla dan sitar khas musik India ditambah progresi akor dan nada yang eksotis.

Selain Aligun, Ali juga tergabung dengan unit ska Olegun Gobs dan memiliki proyek solo lain di bawah nama Align.