Bicara Musik

Lawakan Barasuara dalam Video Pikiran dan Perjalanan
  • By : admin
  • 6 September 2019

Lawakan Barasuara dalam Video Pikiran dan Perjalanan

Bicaramusik.id – Barasuara mempersembahkan video musik terbaru mereka, “Pikiran dan Perjalanan” yang diambil dari album dengan tajuk yang sama. Bertolak belakang dengan video memukau oleh seniman legendaris Jay Subyakto untuk single “Guna Manusia” yang lebih dulu beredar, kali ini Barasuara memilih untuk menonjolkan sisi humoris mereka yang cenderung absurd.

Dalam video musik baru arahan sutradara Rio Alhasymi ini, keenam anggota Barasuara – Iga Massardi (vokal, gitar), Asteriska (vokal), Puti Chitara (vokal), Gerald Situmorang (bas), TJ Kusuma (gitar) serta Marco Steffiano (drum) – tampil sebagai karakter video game balapan go-kart, lengkap dengan kostum dan trik masing-masing yang dikerahkan untuk melumpuhkan lawan dan menjadi yang pertama untuk melewati garis akhir. Syuting berlangsung seharian di sebuah lintasan go-kart di Cibubur, Jawa Barat, dengan beberapa pengambilan adegan tambahan di kediaman Gerald. Menurut Gerald, “Kenapa go-kart? Karena kami ingin bikin videoklip yang fun. Kami juga senang main game Mario Kart, yang menjadi tempat kami berkumpul di saat tur dulu.”

Namun bukan berarti video ini hanya menampilkan kelucuan semata tanpa ada hubungan dengan isi lagunya. Menurut TJ, yang mengaku seram saat syuting karena itu pengalaman pertamanya menyetir go-kart¬, “Videoklipnya menyenangkan, namun punya arti yang dalam buat saya. Seperti melihat isi pikiran seseorang, yang ternyata para pikiran itu pun berlomba untuk menjadi pemenang, supaya menggerakkan manusia untuk melakukan yang dikehendaki, dan selanjutnya akan memengaruhi perjalanan kehidupan manusia.”

Lagu “Pikiran dan Perjalanan” sendiri adalah salah satu lagu awal pertama dihasilkan proses penggarapan album. Menurut Iga selaku penulis liriknya, “’Pikiran dan Perjalanan’ itu tentang sikap untuk berani menentukan sesuatu tanpa bergantung kepada siapa pun. Keseharian memang berat, semua orang juga tahu. Tapi enggak semua orang berani menghadapi kesulitan seorang diri. Lagu ini lebih ke memotivasi diri sendiri.”

Tak heran jika “Pikiran dan Perjalanan” terpilih menjadi single dari album ini, karena baik Penunggang Badai – para penggemar Barasuara – maupun para personel Barasuara sendiri sudah jatuh hati dengannya. “Salah satu lagu favorit di album kedua Barasuara. Lebih kalem, dewasa dan sangat merepresentasikan kepribadian Barasuara saat ini,” kata Puti.

Dengan video baru ini, Barasuara berharap semakin banyak orang akan menyukai “Pikiran dan Perjalanan.” Menurut Marco, “Semoga orang-orang bisa tertawa menikmati videonya, sama kayak kami saat nonton dan bikinnya.” Kalaupun ada yang heran kenapa Barasuara membuat video seperti ini, rasanya mereka takkan terlalu ambil pusing. Seperti kata Asteriska, “Dengan musik Barasuara yang sudah serius disandingkan dengan video klip komedi, itu menunjukkan kami yang menentukan jalan kami sendiri, bukan orang lain.”