Bicara Musik

Kolaborasi Bima WP dan CJ dalam Kolaborasi/Eksploitasi?
  • By : admin
  • 15 October 2019

Kolaborasi Bima WP dan CJ dalam Kolaborasi/Eksploitasi?

Bicaramusik.id – Pada 2 Agustus 2019, single Kolaborasi/Eksploitasi? resmi dirilis secara digital. Lagu ini terlahir dari kolaborasi CJ, seorang penulis lagu dan produser perempuan dari Jakarta dan Bima WP, Juara 2 Super Gitar Competition 2015. Single ini menjadi karya ke-7 dari CJ, dan karya ke-3 dari Bima WP yang dirilis secara digital.

Lagu ini terinspirasi dari pengalaman di beberapa lingkaran pertemanan CJ, di mana terkadang relasi yang kita bangun tidak selalu didasari dengan semangat juang yang sama, sehingga tak jarang terjadi timbal-balik yang tidak seimbang. Kolaborasi berubah menjadi eksploitasi. Namun alih-alih menjebak diri dalam drama, lebih baik jadikan pengalaman yang tidak menyenangkan sebagai motivasi untuk jadi pribadi yang lebih cerdas, dan cadas!

“Saya yakin semua orang pernah lah mengalami. Oportunis itu ada di mana aja, dari lingkungan sekolah, lingkungan kerja, bahkan dari keluarga sendiri. Contoh paling simple misalnya waktu kerja kelompok di sekolah. Pasti ada aja, kan, anak yang ‘gak pernah ikutan kerja, tapi giliran presentasi kelompok dia mejeng paling depan?

“Saya harap lagu ini bisa jadi penyemangat banyak orang. Jangan kapok belajar gara-gara eksploitasi dan sakit hati yang dilalui; atau malah gantian eksploitasi orang juga, ya! Hehe. Tetap tularkan energi positif ke orang-orang sekitar,” jelas CJ antusias.

Mengusung notasi-notasi yang easy listening ditemani lirik yang lugas, CJ dan Bima WP yakin single kali ini akan mudah diterima oleh para pendengar Indonesia, dan membuat mereka yang mendengar lagu ini merasa lebih cadas secara instan! Lagu “Kolaborasi/Eksploitasi?” sudah dapat dinikmati di layanan streaming dan toko musik digital kesayangan anda, serta dirikwes di radio seluruh Indonesia!

Tentang “CJ” Camelia Jonathan

Tumbuh di tengah musik era 1990-an sebagai penggemar berat musik pop, CJ tidak hanya menemukan passion dalam menciptakan karya pop yang mudah diterima anak muda, namun juga tantangan dalam membuatnya terdengar segar.

Sepanjang tahun 2012 sampai 2014, CJ dikenal di sebagai YouTube Creator yang banyak menerapkan metode kolaborasi bersama insan muda dan komunitas-komunitas kreatif di Indonesia. Rifky (AFI), TaraArts, Andri Guitara, dan Kevin Nikolas adalah sebagian dari beberapa yang pernah menjadi kolaborator dalam karya-karya CJ.

5 tahun terakhir ini CJ banyak bergerak di belakang layar sebagai produser musik di jalur digital. Beberapa karyanya telah memenangkan sayembara cipta lagu yang diselenggarakan secara nasional, seperti ZGWG Passion of Sound Indonesia 2015 dan Lomba Cipta Lagu Waste4Change 2019.

Tentang Bima WP

Bima Wibisono Putra, atau biasa dikenal dengan nama Bima WP, memulai ketertarikannya bermain gitar di usia 14 tahun. Mengawali karirnya sebagai gitaris solo di awal tahun 2008 dan pada akhir tahun 2012, mendapat kesempatan untuk menjadi gitaris musisi ternama dan penyanyi solo seperti Nugie, Joshua Suherman, Lita Keysha, dan Adha Reza.

Di tahun 2015, Bima meraih juara di ajang kompetisi gitar skala nasional yang diadakan oleh SUPERMUSIC ID dan Gitarplus, yang menghasilkan 1 single berjudul “Pressure” dan berkolaborasi dengan Eben Burgerkill dalam album kompilasi Nothing But Gitar 3.