Bicara Musik

Kiprah Solois Dayat Madany di Kancah Musik Tanah Air
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 7 February 2024

Kiprah Solois Dayat Madany di Kancah Musik Tanah Air

Bicaramusik – Solois Dayat Madany menjalani project ini sebagai sebuah project pribadinya. Tentunya, lewat bantuan teman-teman musisi lain dalam membangun musik yang lebih hidup. Project ini, ia mulai kurang lebih di tahun 2017 dengan nol pengalaman di bidang musik, dan hanya berbekal kesukaan pada musik itu sendiri.

Latar belakang asal menjadi bias baginya. Terutama jika dirunut berdasarkan domisili atau kota asal. Faktanya Dayat adalah perantau dari sebuah kota kecil di Jawa Barat, Kota Banjar. Dan sudah separuh hidup ia jalani hidup dan berkarir di Jakarta. Artinya, dalam ihwal kultur baik terkait musik atau pendekatan, banyak hal-hal yang ia jahit dari kenangan masa lalu sewaktu di Banjar dan kemudian dimatangkan lewat rahim ibu kota.

Sejauh ini, Dayat sudah merilis tiga rilisan, baik secara mandiri, atau melalui suatu institusi. Terkhusus lagu ‘Adili Bapakku’ yang dirilis pertama kali oleh lembaga KPK sebagai sebuah project penggaungan semangat anti koruosi lewat musik. Dan beberapa karya lainnya, ia rilis mandiri di beberapa platform digital.

Seperti halnya pencipta dan penemu teknokrat, tentulah besar harapan karya yang ia buat mampu memberi dampak terhadap khalayak. Baik secara langsung atau pun tidak. Entah apa yang terjadi pada karya tersebut, juga tinggi harapan ia supaya karya tersebut bisa hidup di hati pendengarnya.

Dan semoga di hari depan, Tuhan masih mempercayakan karya lain untuk terlahir dari tangan seorang Dayat Madany.