Bicara Musik

JKT-Nostalgigs: Akun Soundcloud Pengobat Rindu Musik Indie Era MySpace
  • By : admin
  • 24 April 2019

JKT-Nostalgigs: Akun Soundcloud Pengobat Rindu Musik Indie Era MySpace

MySpace sudah menghapus database lagu mereka, tapi akun Soundcloud JKT-Nostalgigs seperti punya cadangannya. Mereka rutin meng-upload lagu-lagu era MySpace yang bikin kangen.

Bicaramusik.id – Menjadi anak muda di era MySpace masih berjaya di Indonesia merupakan hal yang sangat membahagiakan. Saat itu, hampir di setiap pekan ada gigs yang mempersembahkan band-band underground di panggung kecil.

Era MySpace di Indonesia dimulai sejak 2000-an awal hingga 2010, di mana banyak band-band baru yang mendaftarkan diri mereka ke situs itu, mengunggah lagu, foto hingga video klip, demi mendapatkan profile views agar dapat dilirik oleh penyelenggara gigs. Itu lah mengapa, bagi anak MySpace saat itu, masuk ke dalam top friend dari musisi terkenal adalah sebuah pencapaian. Pamor akan melonjak drastis! Bak sebuah pencapaian dalam percintaan rasanya.

Nah, buat kalian yang kangen akan masa-masa itu, kini ada akun Soundcloud bernama JKT-Nostalgigs yang setiap beberapa waktu mengunggah lagu-lagu yang sempat di-upload ke MySpace oleh band-band metalcore dan punk besar era MySpace.

Sebut saja Sliced Through Denial, band metal asal SMA Labschool Rawamangun, lalu ada band pop punk bernama Soulshoes yang datang dari Kelapa Gading.

Tidak hanya itu, lagu berjudul Cherry Petite Raspberry dari THIRTEEN juga masuk ke dalam akun Soundcloud tersebut.

Band-band seperti For The Flames Beneath Your Bridge, Failling Forward, Revenge, Night Falls Over Kortadala, Pee Wee Gaskins, Forever Damnation, Merde Baise, Kacang Mede, Lost Kids, No Talent, Namora, The Murder Robots, Losing Insanity, hingga March ada di sana. Dengan begitu, kamu mungkin bisa tersenyum kecil dan melepas rindu sambil mendengar lagu-lagu mereka.

JKT-Nostalgigs memang tidak mengunggah lagu-lagu dari band indie lokal era MySpace secara rutin. Tidak ada satu orang pun yang tau kapan mereka akan mengunggah lagu-lagu tersebut. Mengingat banyaknya band-band indie lokal era MySpace yang lagunya dirindukan, pastinya “niat mulia” JKT-Nostalgigs masih ditunggu banget. Sejauh ini, mereka juga sudah mengunggah total 35 lagu yang bisa mengobati kerinduan kita akan masa kejayaan MySpace di Indonesia!

Sampai saat ini, JKT-Nostalgigs belum mengungkapkan siapa yang menjadi “pilot” dari akun Soundcloud tersebut. Yang pasti, kita perlu berterima kasih banget sama mereka karena sudah membuat kita bisa teringat akan lagu-lagu zaman MySpace masih menjadi platform utama bagi musisi untuk memperkenalkan karyanya.

Apalagi, baru-baru ini MySpace mengumumkan kalau mereka telah kehilangan database dari lagu-lagu yang diunggah ke situs tersebut. Kalau tidak ada JKT-Nostalgigs, kita bisa dengar dari mana lagi? Wah, nggak kebayang deh rasanya kalau kita masa-masa nostalgia ini beneran nggak ada.

Hmmm…. apakah rindu kamu terobati? Atau malah muncul semangat untuk mengembalikan kejayaan gigs-gigs underground era MySpace? Yang pasti, jasa dari JKT-Nostalgigs tidak bisa dipandang sebelah mata saja. Mungkin usaha mereka terlihat bukan apa-apa, tapi bagi mereka yang pernah merasakan kejayaan MySpace di Indonesia, apa yang dilakukan oleh JKT-Nostalgigs sudah sangat luar biasa! Terima kasih JKT-Nostalgigs!

Penulis : Rizki Ramadan

Editor : Antie Mauliawati