Bicara Musik

Irama Pantai Selatan Menyapa Tanah Air dengan “Dendang Samudra”
  • By : admin
  • 25 September 2020

Irama Pantai Selatan Menyapa Tanah Air dengan “Dendang Samudra”

Bicaramusik.id – Irama Pantai Selatan kembali menyapa musik tanah air dengan album terbarunya. Setelah rilis Jelita dan Khalayan Rakyat sebagai pemanasan, grup musik ini merilis “Dendang Samudra” pada Jumat (25/09).

Sebelumnya, mereka berencana meluncurkan lebih awal. Namun, pandemi Covid-19 menyerang dan mengagalkan hampir semua rencana yang telah disusun. Jadwal mixing dan mastering pun berubah, harus diundur hingga keadaan membaik.

Ide nama “Dendang Samudra” datang begitu saja, datang dari ucapan salah satu personel entah Arief atau Sigit. Mereka hanya ingat momennya saja saat sedang bersantai di pinggir pantai Ancol sambil melihat laut awal tahun lalu. Saat itu, mereka hanya sekadar berangan-angan perihal nama album hingga terucaplah dua kata.

“Dendang Samudra” mewakili musik Irama Pantai Selatan yang bernuansa pesisir. Untuk debut album ini, Arief dan Sigit dibantu oleh Ricky Virgana dari White Shoes And The Couples Company sebagai Produser. Penggarapannya dilakukan selama enam bulan.

“Peran Ricky dalam proses rekaman ini cukup besar terutama dalam referensi musikal dan karakter musik kami. Kami memiliki ketertarikan yang sama akan musik populer Indonesia periode 50-60an yang menjadi dasar referensi Dendang Samudra,” ungkap Irama Pantai Selatan yang dikutip dari rilis pers.

Terdapat delapan lagu yang terinpirasi dari musisi senior seperti Adikarso, Orkes Kelana Ria, Oslan Husein, Bing Slamet, Soejoso Karsono, dan Titiek Puspa. Semua lagu punya warna yang berbeda, namun utamanya ialah instrumen ukulele.

Setiap lagu memiliki karakter sendiri, Irama Pantai Selatan mengeksplorasi musik seperti Latin, Jazz, Ragtime hingga Hawaii. Bahkan, cerita di dalam lagunya pun beragam dan sungguh menarik.

Irama Pantai Selatan bagaikan angin yang menyejukkan suasana. Seluruh lagunya menjadi penenang di kala situasi tegang seperti saat ini. Selamat mendengarkan “Dendang Samudra”!

Untuk berita musik ter-update lainnya, simak terus media sosial dan situs Bicara Musik ya!