Bicara Musik

‘Everyday Life’ Menjadi Penutup yang Indah dalam Album ke-8 Coldplay
  • By : admin
  • 16 December 2019

‘Everyday Life’ Menjadi Penutup yang Indah dalam Album ke-8 Coldplay

Bicaramusik.id – Coldplay baru saja merilis music video dalam single ‘Everyday Life’ yang diambil dari album terbaru dengan judul yang sama, yaitu Everyday Life. Album Everyday Life ini terbagi menjadi dua, yang diberi nama Sunrise dan Sunset atau lebih sering disebut dengan Album Ganda. Dalam album tersebut lebih banyak mengambil tema dan nuansa otentik Timur Tengah, bahkan ada salah satu hit dalam ‘Everyday Life’ berjudul ‘Bani Adam’ yang ditulis dengan tulisan Arab. Chris Martin kali ini menjadi songwriter utama dalam penggarapan album ke-8 ini. Diketahui bahwa Chris banyak mendapat inspirasi kultur Timur Tengah dalam menciptakan lagu-lagunya di Album kali ini.

Sunrise dan Sunset. Album ganda.

“Sunrise” menjadi track pembuka album ini dengan diiringi alunan violin dan nada timur tengah. Nomor selanjutnya adalah “Church” yang memperdengarkan suara asli dari Amjad Sabri, musisi sekaligus aktivis penganut ajaran Sufi dari Pakistan yang mati dibunuh secara sadis pada 2016. Selanjutnya “Trouble in Town” merupakan salah satu track yang mengkritisi bagaimana diskriminasi yang masih terjadi pada imigran yang tinggal di negara Barat. Berikutnya ada lagu Broken yang terdengar seperti choir gereja dan memiliki makna tentang keyakinan. Aransemen lembut selanjutnya yaitu “Daddy” yang menceritakan tentang seorang anak yang mencari ayahnya. “WOWT/POTP” menjadi salah satu lagu yang unik, di mana dalam lagu ini seolah Chris Martin sedang bernyanyi secara spontan.Arabesque menjadi lagu Coldplay yang mengusung tema penyatuan dunia. “When I Need a Friend” juga kental dengan suara choir gereja bersamaan dengan lantunan merdu suara Chris Martin. Lagu ini mampu membawa suasana khidmat bagi pendengar dengan paduan jazzy sound yang dominan.

Sunset : Dalam track Guns ini, Coldplay mengkritisi penduduk Amerika yang dengan mudahnya melucutkan senjata sehingga memakan banyak korban jiwa. Selanjutnya terdapat lagu Orphans  yang terinspirasi dari perang saudara di Suriah, khususnya pada peristiwa Damascus Bombing pada tahun 2018. Eko , Cry Cry Cry terdengar casual dengan nuansa old school music vibes akan membuat pendengar terhanyut di dalamnya. Old Friends merupakan salah satu lagu yang menceritakan tentang kerinduan pada teman lamanya. Ada pula Bani Adam yang merupakan adaptasi dari puisi dengan judul serupa karya pujangga asal Persia, Saadi Shirazi. Champion of the World dirilis sebagai penghormatan kepada Scott Hutchison dan memiliki makna agar segera bangkit dalam menghadapi kegagalan hidup.

Single ‘Everyday Life’ termasuk ke dalam ‘Sunset’ yang sebelumnya dibuka dengan lagu ‘Orphans’ yang terinspirasi dari perang saudara di Suriah. Dalam video music ‘Everyday Life’ tersebut dikemas secara epic dengan menampilkan Chrish Martin, Guy Berryman, Will Champion dan Jonny Buckland menyanyi di pantai saat matahari terbenam. Dalam video music tersebut juga terdapat kumpulan kehidupan orang-orang dari berbagai belahan dunia. Lokasi pengambilan gambar dilakukan di Afrika Selatan, Maroko dan Ukraina. Selain itu video music Coldplay ini mengangkat berbagai tema seperti, cinta, perang, bencana, rasisme, pertemanan, keluarga hingga kepercayaan.

Secara keseluruhan ‘Everyday Life’ menjadi penutup yang sempurna dalam album ke-8 Coldplay. Everyday Life menceritakan kehidupan sehari-hari di mana kita harus bisa menyikapi berbagai perbedaan yang ada di dunia.Band asal London ini sudah mengeluarkan 8 album dan ‘Everyday Life’ ini memberikan angin segar bagi penggemarnya dengan music yang lebih berani dan pengemasan video klip yang unik. Setelah dua hari peluncuran video music tersebut, sudah ditonton sebanyak 820 ribu penonton. Dari keseluruhan album Everyday Life, mana yang jadi salah satu hit favorit kamu?