Bicara Musik

Duo Wanita Jazz Arumtala Rilis Single Perdana “Masuk Angin”
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 3 February 2024

Duo Wanita Jazz Arumtala Rilis Single Perdana “Masuk Angin”

Bicaramusik – Arumtala, unit musik jazz dengan format duo asal Jakarta merilis single perdananya yang bertajuk “Masuk Angin”. Single “Masuk Angin” dilepas ke pasaran secara digital pada 26 Januari 2024 melalui kerja sama dengan label rekaman demajors. 

Terbentuk pada Agustus 2023, Arumtala menyajikan musik dengan balutan jazz ringan dan syair yang apa adanya, di mana tidak lagi menitikberatkan pada problematika cinta, namun condong ke kehidupan orang dewasa sehari-hari.

Beranggotakan Arini Kumara dan Laura Pradipta, dua wanita yang namanya sudah tak asing lagi di dunia musik jazz Indonesia. Arini, sang pemain cello, juga merupakan anggota di Chroma String Quartet sejak 2005. Pernah menjadi pemain bas di band HIRA pada 2015 hingga 2019. Arini juga banyak mengerjakan aransemen orkestrasi dan komposisi.

Sedangkan Laura, memiliki latar belakang bermusik sebagai penyanyi jazz profesional sejak tahun 2013. Hingga kini, Laura telah memiliki tiga single bergenre pop folk melalui proyek solonya. Selain bernyanyi, dalam sepuluh tahun terakhir Laura juga aktif sebagai seorang wanita karir di bidang kreatif dan pemasaran. Sesuai dengan judulnya, single “Masuk Angin” bercerita tentang kondisi yang sering dirasakan tapi jarang dibicarakan oleh masyarakat kota besar.

“Kondisi di mana usia sudah tidak terlalu muda dan memilih untuk diam di rumah bukan karena tidak mau bersosialisasi, namun karena sudah tidak tahan dengan udara malam,” ujar Arini sembari tersenyum. Musik dan syair “Masuk Angin” ditulis oleh Arini. Dibawakan dengan nuansa yang fun, jazzy, dan apa adanya, lewat iringan pianis Jason Limanjaya, penabuh drum Nicolaus Praditya, serta penampilan peniup terompet Rigen Eri Handoyo.

“Masuk Angin” merupakan single pembuka dari album mini Arumtala yang rencananya akan dirilis dalam waktu dekat. Single “Masuk Angin” bisa didengarkan di seluruh platform streaming digital, di antaranya Spotify, Apple Music, TikTok Music, Joox, Resso, YouTube Music, dan Deezer.