Bicara Musik

Diskoria Luncurkan “Serenata Jiwa Lara” Bersama Dian Sastrowardoyo
  • By : admin
  • 17 March 2020

Diskoria Luncurkan “Serenata Jiwa Lara” Bersama Dian Sastrowardoyo

Bicaramusik.id – Tepat sehari setelah hari jadinya yang ke-38 pada Selasa (17/3), Dian Sastrowardoyo mendapat ucapan selamat dari selektor spesialis lagu-lagu lawas Indonesia, Diskoria.

Bukan sekedar ucapan selamat yang dituturkan Merdi Simanjuntak dan Fadil Aat kepada Dian. Mereka juga mengumumkan single anyar bertajuk “Serenata Jiwa Lara” yang dilepas di hari yang sama. Dalam lagu baru tersebut, Dian membantu vokal untuk Diskoria.

Lagu ini disusun bersama trio produser Laleilmanino yang sudah biasa membantu beberapa musisi lokal seperti Marion Jola hingga Smash.

“Kami mengajak Dian Sastrowardoyo untuk berkolaborasi dalam lagu ini, seniman ikonik Indonesia yang memang sempat mempunyai band di masa SMA-nya,” tulis Diskoria dalam salah satu unggahan Instagram-nya 18 Februari lalu. “Dengan karakter vokalnya, Dian kami rasa sangat tepat untuk merepresentasikan lagu ini.⁣”

View this post on Instagram

#SerenataJiwaLara⁣ ⁣ Setelah single pertama kami tahun lalu, dalam waktu dekat kami akan mempersembahkan lagu kedua kami, dimana pada lagu ini banyak terdapat perbedaan dari lagu sebelumnya. Untuk penggarapannya kami masih bersama Laleilmanino, namun disini kami mencoba untuk lebih bereksplorasi, mulai dari sound yang disajikan hingga pengisian instrumen, dimana kami berdua turut mengisi instrumen musik pada lagu ini. Demikian juga dengan lirik yang berlawanan dengan lagu pertama kami, disini lirik yang terpapar mengenai cinta tak sampai, lirih namun tetap disajikan ‘dancey’ khas anak muda yang tak perlu cengeng ketika menangis. Kami mengajak Dian Sastrowardoyo untuk berkolaborasi dalam lagu ini, seniman ikonik Indonesia yang memang sempat mempunyai band di masa SMA-nya. Dengan karakter vokalnya, Dian kami rasa sangat tepat untuk merepresentasikan lagu ini.⁣ ⁣ Serenata Jiwa Lara bagi kami adalah sebuah perayaan sekaligus pernyataan. Perayaan adalah bagaimana kita bisa tetap menemukan ‘terang’ di tengah suasana yang ‘redup’. Pernyataan dalam artian bahwa melalui lagu ini, kami berharap ada bentuk bantuan nyata yang bisa kami berikan kepada sahabat-sahabat kami di Yayasan Irama Nusantara, sebuah lembaga non profit yang secara sadar melakukan hal krusial yang tidak pernah dilakukan sebelumnya oleh lembaga manapun di negara kita; pengarsipan dokumentasi musik Indonesia. ⁣ ⁣ @iramanusantara merupakan yayasan sosial kemasyarakatan penggagas sebuah ide mulia yang berfokus pada pelestarian, pengarsipan dan pendokumentasian rekaman musik Populer Indonesia yang ada, terhitung sejak era tahun 1950-an hingga saat ini. Generasi mendatang kelak akan sangat berterima kasih pada yayasan ini, yang tanpa henti mengerjakan pendokumentasian musik Indonesia yang seakan tak pernah diperhatikan, yang jika dibiarkan nama-nama besar musisi kita akan pudar dimakan zaman dan tergilas derasnya invasi musik-musik mancanegara. Semoga buah karya kedua kami ini nantinya dapat diterima dan dinikmati semua kalangan, dan musisi Indonesia kelak akan selalu menjadi tuan rumah di negerinya sendiri sebagaimana harusnya.⁣ ⁣ Salam hangat,⁣ Diskoria

A post shared by Diskoria (@diskoria.selekta) on

Ini merupakan nomor kedua Diskoria setelah tahun lalu melepas “Balada Insan Muda”.