Bicara Musik

Dasbor Analisis Apple Music untuk Musisi Kini Tersedia
  • By : admin
  • 9 August 2019

Dasbor Analisis Apple Music untuk Musisi Kini Tersedia

Bicaramusik.id – Apple Music telah mengutak-atik dashboard analitik untuk artis selama lebih dari setahun. Sekarang, sudah siap untuk prime time.

Peluncuran beta analitik dashboard Apple Music untuk artis pada Juni tahun lalu adalah yang pertama kalinya. Alat data adalah bagian dari platform pembuat Apple Music for Artists, dan cara bagi Apple untuk memerangi Spotify pada layanan terkait artis. Kembali pada pertengahan 2018, hanya beberapa ribu seniman diundang untuk menguji coba rangkaian layanan analitik, dan Apple telah melakukan modifikasi berdasarkan umpan balik beta-tester-nya. Sekarang, backend analytics data platform siap digunakan untuk konsumsi massal.

Alat itu sendiri mirip dengan daftar dari tahun lalu, dengan metrik kinerja yang ditawarkan pada lagu-lagu tertentu, kota, dan bahkan gangguan demografis pendengar. Bahkan, data Shazam dimasukkan ke dalam campuran, berkat akuisisi Apple baru-baru ini dari aplikasi pengenalan yang banyak digunakan. Apple mengatakan mereka melacak analitik artis di lebih dari 100 negara. Data diperbarui setiap hari, dengan lagu dan video di Apple Music tertutup.

Para musisi di Apple Music kini dapat mengakses dasbor analisis diĀ Apple Music for Artists splash page.

Dalam hal utilitas, data berbasis kota terlihat sangat menarik untuk tur musisi

Apple Music menawarkan kepada para seniman pandangan di mana kota-kota merespons musik mereka yang paling kuat. Tentu saja, Spotify juga telah membayar pelanggannya hampir 110 juta dari mereka. Meskipun, Apple bisa dibilang memiliki kumpulan data yang lebih berguna dan terkonsentrasi dengan melibatkan penggemar yang hanya membayar.

Musisi juga dapat mengidentifikasi lagu mana yang beresonansi paling kuat di wilayah tertentu. Mereka juga dapat menggunakan platform untuk melihat kantong fan base yang berjauhan. Sayangnya, kantong-kantong ini sulit bagi banyak musisi untuk diidentifikasi hingga saat ini.

Kota-kota juga dapat dilihat dalam bentuk daftar, dan Apple Music for Artists juga memiliki aplikasi iOS. Rincian analitik lainnya juga menarik. Artis dapat melihat rentang usia, jenis kelamin, dan rincian demografis penggemar lainnya, yang terkadang mengejutkan. Namun, mengingat kebijakan privasi Apple yang lebih ketat, artis tidak dapat melapisi filter analitik yang berbeda secara bersamaan (misalnya, rentang usia penggemar di New York). Hal itu membuat musisi hanya memiliki takeaways yang lebih besar, tanpa kemampuan untuk menelusuri kelompok pendengar yang lebih kecil.

Informasi spesifik daftar putar juga tersedia, termasuk posisi lagu yang tepat dalam daftar putar dan di mana daftar putar ini paling beresonansi.

Mungkin hanya data Shazam, yang dapat menawarkan sinyal awal respon penggemar. Memang, pertarungan Shazam seringkali merupakan pratinjau minat yang lebih luas dengan calon penggemar yang akhirnya menambahkan lagu-lagu yang cocok ke dalam koleksi Apple Music (atau tempat lain seperti Spotify dan Amazon).