Bicara Musik

Bassist jangan Minder! Riset: Bassist adalah Personel Paling Penting di Band
  • By : admin
  • 13 June 2019

Bassist jangan Minder! Riset: Bassist adalah Personel Paling Penting di Band

Bicaramusik.id – Apakah kamu seorang bassist? Mulai sekarang kamu nggak boleh lagi minder karena merasa peranmu di band nggak begitu penting dibanding personel lainnya. Suara bass memang jauh lebih rendah dibanding raungan gitar melodi atau gebukan drum. Tapi, nyatanya, bassist adalah personel yang paling penting loh dalam sebuah band. Penelitian sains yang mengatakannya.

Tom Barnes bilang, “Ada penjelasan saintifik yang membuktikan bahwa bassist adalah personel penting dalam band. Ini adalah saatnya kita mulai memberikan respek pada para bassist.”

Pentingnya suara bass dalam musik itu terkait dengan suara frekuensi rendahnya. Dan ini berlaku di semua genre musik. Mau rock, funk, jazz, punk, dangdut atau koplo sekalipun. Para psikolog dari McMaster University Institute for Music and The Mind melakukan riset yang membuktikan bahwa sebenarnya, otak kita itu lebih baik dalam mendeteksi nada-nada rendah.

“Orang akan lebih mudah merespon musik jika diiringi dengan instrumen bernada rendah,” kata Laurel Trainor, salah satu peneliti.

Suara bass bisa membuat kita mengikuti ritme lagu dan merasakan resonansi musik di dalam telinganya. Bahkan, orang dengan gangguan pendengaran pun bisa ‘merasakan beat’ lagu karena merasakan dentuman suara bass. Ketika meminta para responden penelitian untuk mengulangi ritme musik dengan jari, mereka lebih mudah melakukannya jika musik tersebut diiringi nada rendah, daripada diiringi nada tinggi.

Penelitian lain dari Northwestern University menemukan bahwa musik yang mengandung suara bass dominan ternyata lebih efektif untuk membuat pendengar lebih enerjik.

Bagi personel band lain, suara bass berfungsi untuk menjaga ritme musik yang mereka mainkan. Bass adalah fondasi dari melodi-melodi gitar, keyboard, vokal atau drum. Sting juga pernah bilang, bahwa seorang bassist itu mengendalikan harmoni.

“Kamu tahukah, pemain piano bisa saja memainkan kunci C. Tapi, baru akan terdengar sebagai kunci C jika saya memainkan nada C juga di bass. Jika saya memainkan nada lain, maka akan terdengar berbeda. Jadi, bassist mengontrol harmoni,” kata Sting, pentolan The Police

Tapi, jangan mentang-mentang sudah jadi personel paling penting, kamu jadi lupa meningkatkan skill bermain bass-mu. Kalau cuma sekedar mengikuti kunci utama lagu, kamu akan jadi bassist biasa, sob.

Credit: pinterest

Ingat baik-baik nih ucapan dari Thundercat, seorang bassist berpengaruh di skena hip hop. “Gue memilih untuk mengembangkan diri sejauh mungkin dan menjadikan skill gue sebagai alat. Ibaratnya gini, kamu nggak cuma bisa memakai palu untuk mengetuk kuku, kan? Kamu bisa memakainya untuk menyerang seseorang, menjadikannya armor atau untuk memecahkan kaca. Kamu bisa melakukan banyak hal dengan instrumenmu di luar kebiasaan.”

Anyway, siapa sih bassist favoritmu?

 

 

Penulis: Rizki Ramadan

Editor: Antie Mauliawati