Bicara Musik

Alvin Baskoro Kembali dengan Album Pendek Live Distance Recording
  • By : admin
  • 6 June 2020

Alvin Baskoro Kembali dengan Album Pendek Live Distance Recording

Bicaramusik.id – Musisi yang khas dengan gitar akustiknya, Alvin Baskoro, akhirnya kembali mengeluarkan karya. Album pendek berisi tiga trek bertajuk Live Distance Recording ia lepas 22 Mei lalu. Ini menandai karya pertamanya sejak sekitar empat tahun.

Live Distance Recording keluar setelah Alvin melalui kebimbangan menghadapi niatnya sebagai musisi dan kenyataan bahwa ia harus kerja kantoran. Keduanya membuat Alvin beranjak dari “tadinya produktif sampai akhirnya pasif”.

“Akhirnya masuk di awal tahun 2020 ini. Saya belum menelurkan apa-apa. Ditambah kondisi ‘memaksa’ saya untuk berjarak dari rumah. Kali ini, pertanyaan itu meledak lagi dan saya terpantik untuk menjawabnya. Pertama, inisiatif datang dari Teras Kolektif (kolektif asal Jatinangor) untuk mengajak saya menghelat live session di kanal mereka,” tulis Alvin dalam keterangan persnya. “Kedua, inisiatif itu datang dari kedua orang teman; Fajar Daniwarsa (vokal pengiring) juga Gonzaga Sidharta (bas). Ketiga, nostalgia perasaan ‘berjarak’ ini, akhirnya saya coba kemas dalam sebuah Extended Play (EP). Untuk itu, saya coba memperkenalkan EP ini dengan tajuk: Live Distance Recording.”

Ketiga lagu di dalamnya dikerjakan Alvin dengan bantuan Fajar dan Gonzaga di rumah masing-masing dengan cara berbagi bahan rekaman secara online.

Ini merupakan rilisan kedua yang dirilis Alvin Baskoro sebagai solois. Sebelumnya, ia merilis album pendek lain berjudul Beranjak pada 2016. Di awal dekade, ia aktif memimpin sebuah unit folk yang aktif di kancah Bandung Jatinangor, Alvin & I, bersama pendatang baru Regina Gabriella.