Bicara Musik

Album ke-42 Iwan Fals Resmi Rilis!
  • By : Redaksi Bicaramusik.id
  • 10 September 2021

Album ke-42 Iwan Fals Resmi Rilis!

Bicaramusik.id – Pada 3 September 2021, tepat pada hari ulang tahunnya yang ke-60, Iwan Fals resmi merilis album bertajuk Pun Aku.

Bagi Iwan Fals, Pun Aku sangat personal. Sebab, semua nomor yang ada di dalam album tersebut menceritakan tentang dirinya sendiri. Diawali dengan lagu “Pun” ditutup dengan lagu “Aku”. Orang-orang yang terlibat di album baru “Pun Aku” berasal dari sahabat dan kerabat dekat.

Album yang berjudul “Pun Aku” merupakan album ke-42 Iwan Fals yang diproduksi Musica Studio’s serta diproduseri Rambu Cikal dan Lafa Pratomo. Album ini terdiri dari 12 single yang beberapa di antaranya adalah kolaborasi Iwan Fals dengan musisi lintas generasi yang memberi warna baru pada karier musiknya. Musisi muda itu adalah Danilla, Nadin Amizah, NonaRia, Sandrayati, dan Rara Sekar.

Selain itu, secara khusus ada Maizura, Zara Leola, Shakira Jasmine, Regina Poetiray, Difki Khalif, Rheno Poetiray, dan Stevan Pasaribu. Mereka menjadi penyanyi latar di lagu “Kabar Aroma Tanah”.

“Ada lagu ‘Bunga Kayu’ dari tahun 1995 yang saya tulis saat gelisah menunggu Galang (Rambu Anarki -anak sulungnya—) pulang ke rumah atau lagu ‘Sebuah Genteng’ yang saya tulis tahun 2014 saat Presiden baru terpilih. Sisanya lagu-lagu baru tercipta di tahun 2020 dan ada dari beberapa penulis lagu lain,” kata Iwan Fals menjelaskan penulisan lagu-lagu di Pun Aku.

Tujuh lagu diciptakan Iwan Fals: “Selamat”, “Sebuah Genteng”, “Bunga Kayu”, “Kabar Aroma Tanah“, “Penghibur Hati”, “Untukmu”, dan “Merah Putih”. Tiga lagu lain masing-masing diciptakan oleh Lafa Pratomo (“Pun”), Dimas Wijaksana dari Mr. Sonjaya/Syarikat Idola Remaja (“Kata Siapa Cinta Itu Menyakitkan” (KSCIM)), dan Enda dari Ungu (“Patah”). Dua lagu sisanya ditulis bersama oleh Iwan Fals dengan Sandrayati Fay, “16/01” serta Rambu Cikal, “Aku.” Lagu “16/01” yang ditulis dan dibawakan bersama Sandrayati Fay dipilih menjadi single pertama.

Udah pada dengerin single dari album terbaru Iwan Fals belum?

Jangan sampai ketinggalan berita terbaru mengenai musisi favoritmu di Bicara Musik!