Bicara Musik

7 Festival Musik Internasional yang Jadi Bucket List para Gigs Goers
  • By : admin
  • 14 June 2019

7 Festival Musik Internasional yang Jadi Bucket List para Gigs Goers

Bicaramusik.id – Kamu seorang gig goers tapi juga traveler? Kenapa tidak melakukan dua hal itu secara bersamaan? Mendengarkan musisi idola tampil live memang menjadi impian banyak fans. Menyaksikan idola tampil di depan mata kepala kita sendiri memang akan menyajikan sensasi yang berbeda.

Di luar negeri, banyak event musik yang diselenggarakan dengan format festival. Kalau traveling buat menikmati keindahan alam dan panorama sudah sering, mungkin ini saatnya kamu mencoba traveling demi menonton festival musik. Berikut 7 festival musik internasional yang bisa membuatmu ingin segera traveling.

1. Lake of Stars Malawi Arts Festival

Credit: lakeofstars.org

Siapa bilang tempat romantis hanya Maldives? Coba, deh, mampir ke Lake of Stars Malawi Arts Festival, Afrika Timur. Festival ini diadakan di tepi Danau Malawi setiap akhir bulan September.

Festival ini biasa diadakan untuk membangun perhatian internasional terhadap musik-musik lokal yang populer. Selain menikmati musik, kamu juga bisa berinteraksi dengan penduduk lokal di perkampungan Malawi sambil menikmati cahaya mentari yang tumpah ruah di pantai tepi danau yang berpasir putih. Ah, romantisnya!

 

2. Fuji Rock Festival

Credit: fujirockmedium

Punya angan-angan traveling ke Jepang? Berarti kamu wajib datang ke Fuji Rock Festival! Sebagai festival musik terbesar se-Jepang, Fuji Rock Festival menarik musisi-musisi besar dunia ke sebuah tempat ski yang terletak beberapa jam dari Tokyo. Festival ini diselenggarakan pada pertengahan musim panas yang biasanya jatuh di bulan Juli.

 

3. Rock in Rio

Credit: rockinriofestiket

Sejatinya Rock in Rio pertama kali diadakan di Rio de Janeiro, Brazil, pada tahun 1985. Seiring berjalannya waktu, Rock in Rio tidak hanya diadakan di Brazil. Tapi juga di kota-kota besar dunia seperti Las Vegas, Lisbon, dan Madrid. Festival ini selalu mendatangkan penyanyi dan band papan atas. Seperti Katy Perry, Bruno Mars, Ed Sheeran, Bon Jovi, Linkin Park, Metallica, dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2015 yang lalu, festival ini berhasil menarik 700.000 penonton! Sekadar informasi, Rock in Rio hanya diadakan setiap 2 tahun sekali. Tahun 2019, Rock in Rio kembali diadakan di kota Rio yang dimulai dari 27 September – 6 Oktober. Sudah siap nabung buat traveling ke Brazil?

4. Summerfest

Credit: gonomad.com

Summerfest bisa dikatakan sebagai festival musik terbesar di Amerika Serikat. Festival ini berlokasi di Milwaukee, Wisconsin ini berhasil menarik sebanyak 804.000 penonton pada tahun 2016. Yang pasti bikin kamu bingung lagi, tiket yang dijual juga cukup terjangkau, yaitu sekitar USD 20 untuk seharian penuh. Makanya, festival ini diberi julukan sebagai “people’s party” atau pesta rakyat.

Karena namanya Summerfest, festival ini biasa diadakan setiap tahunnya mulai dari akhir Juni hingga awal Juli atau bertepatan dengan musim panas. Summerfest tahun ini akan digelar mulai 27 Juni – 8 Juli.

 

5. Montreux Jazz Festival

Credit: montreauxjazzfestival

Jangan ngaku jazzer sejati kalau belum pernah ke Montreux Jazz Festival. Montreux Jazz Festival adalah salah satu festival musik tertua dan terkenal di dunia. Festival yang diselenggarakan sejak 1967 di tepi Danau Jenewa ini lebih dari sekadar festival musik jazz.

Namun Montreux Jazz Festival bukan festival yang eksklusif soal aliran musik. Festival ini juga telah menjadi tuan rumah bagi banyak musisi terkenal dari berbagai genre musik.

 

6. Coachella

Credit: pastemagazine.com

Bisa dibilang festival yang satu ini adalah yang selalu jadi trending di media sosial. Mengingat festival ini selalu marak dihadiri oleh selebriti, musisi, model dan para fashion influencer yang berani datang jauh-jauh dari berbagai negara hanya untuk ke Coachella.

Vanessa Hudgens, aktris yang melambung namanya ketika memerankan Gabriella Montez dalam High School Musical, mendapat predikat ratu Coachella. Hal tersebut karena penampilannya yang selalu menarik perhatian dalam festival tersebut setiap tahunnya.

Festival ini mengangkat tema bohemian dan dikenal sebagai festival musik alternatif dan indie. Ada yang sudah pernah datang ke festival yang satu ini?

 

7. Tomorrowland

Credit: tomorrowland.com

Untuk kamu pencinta musik electronic dance music (EDM), kalian pasti tidak asing lagi dengan festival yang satu ini. Yap, Tomorrowland adalah festival musik EDM terbesar di dunia ini pertama kali diselenggarakan di Boom, Belgia pada tahun 2005.

Sesuai dengan genre festivalnya, Tomorrowland selalu mendatangkan para DJ top dunia, seperti Hardwell, Martin Garrix, Tiesto, Calvin Harris, David Guetta, Alesso, Afrojack, dan masih banyak DJ lainnya. Tahun ini festival Tomorrowland akan diadakan pada 19-28 Juli.

Jadi, mana nih festival musik yang ingin banget kamu kunjungi??

 

Penulis : Rizki Ramadan 

Editor : Antie Mauliawati