Bicara Musik

10 Lagu Terbaik dari Phoenix, Band Alternative Rock Jagoan Prancis
  • By : admin
  • 21 July 2021

10 Lagu Terbaik dari Phoenix, Band Alternative Rock Jagoan Prancis

Bicaramusik.idLiberté, Égalité, Phoenix!

Kenalan dengan grup musik yang satu ini, yuk! Phoenix adalah band alternative rock yang berasal dari Versailles, Prancis dan dibentuk pada tahun 1997. Grup musik ini terdiri dari Thomas Mars (vocals), Laurent Brancowitz (guitar), Deck d’Arcy (bass, keyboard), dan Christian Mazzalai (rhythm guitar). Formasi Phoenix terjadi karena dahulu mereka berteman di masa sekolah. Keakraban grup musik ini pun terlihat dari cara mereka menyebut diri sendiri, yaitu “4 Parisian boys with brotherly love.” So sweet!

Phoenix tentunya telah meraih banyak prestasi. Album mereka yang berjudul Wolfgang Amadeus Phoenix sukses memenangkan Grammy Awards (Best Alternative Music Album) di tahun 2010, lho! Ssst, bahkan mereka sudah pernah tampil di Indonesia sebanyak 3 kali. Fans-nya emang banyak banget!

Kira-kira sudah 2 dekade lamanya Phoenix hadir di industri musik, dan sampai saat ini mereka telah berhasil mengeluarkan 6 album studio. Penasaran lagu apa saja yang paling asyik dari mereka? Berikut ini adalah 10 lagu terbaik dari Phoenix!

1. “Identical – From The Motion Picture ‘On The Rocks’” (19 Agustus 2020)

Lagu ini kerennya bukan main! Nuansa elektrik yang kental dalam “Identical” cocok banget buat kalian yang suka musik “jedag jedug”. FYI, lagu ini jadi soundtrack film “On the Rocks” (2020) yang disutradarai oleh Sofia Coppola, alias istri dari vokalis Thomas Mars. Keren deh! Oh ya, Phoenix juga merilis lagu ini sebagai bentuk penghormatan kepada Philippe Zdar, kolaborator sejati mereka yang wafat di tahun 2019. Lagu ini memorable banget pastinya.

2. “J-Boy” (27 April 2017)

Dari judulnya aja udah unik banget! Walaupun terlihat seperti inisial nama, ternyata “J-Boy” adalah singkatan dari Just Because of You. Kalimat ini ada di lirik bagian chorus, “Just because of you / These things I have to go through / Is it so bad? Is it so true? / Is it still you?” Lagu ini menjadi single pertama dari album mereka yang terbaru, Ti Amo. Kalau kamu cari lagu yang bisa naikin mood, “J-Boy” lagu yang paling pas pokoknya!

3. “Trying to Be Cool” (8 Juli 2013)

“Mint julep testosterone,” ucap Thomas Mars di lagu ini. “Trying to Be Cool” menceritakan tentang betapa membosankannya menjadi seseorang yang keren. “When you’re in a rock band, you transform yourself into a hero, a kind of god-like figure. But the really great artists are more clever than that. Being cool is boring,” jelas Thomas Mars di hasil wawancara dengan SPIN. Bukannya sok keren, tapi Phoenix emang keren banget deh di lagu ini!

4. “Lisztomania” (7 Juli 2009)

Nah, ini baru lagu Phoenix yang paling viral! “Lisztomania” pernah menduduki beberapa chart di Amerika Serikat dan sudah sering dijadikan soundtrack, contohnya tv show asal Inggris “The Inbetweeners”. Nama “lisztomania” adalah sebutan untuk fans Franz List, seorang classical composer asal Hungaria yang terkenal di era musik Romantic. Namun, lagu ini menceritakan hal yang berlawanan. Di sini Phoenix malah bertingkah acuh dengan hal percintaan. Lagunya asyik banget, bikin joget. Yuk dengerin!

5. “Long Distance Call” (8 Mei 2006)

“Long time no see, long time no say!” Tentunya lagu ini bercerita tentang hubungan jarak jauh yang memburuk. Walaupun begitu, lagunya tidak terdengar terlalu sedih. “Long Distance Call” diawali dengan suara drum yang nyaring, dan liriknya cocok banget buat sing along. Saking bagusnya, Paramore pernah nge-cover lagu ini, lho! Wow, two worlds colliding!

6. “If I Ever Feel Better” (8 Juni 2000)

Di setiap penampilan live, Thomas Mars selalu mengaku bahwa ini adalah salah satu lagu pertama yang Phoenix ciptakan. Perilisannya sangat sukses dan disukai oleh para penikmat musik di Prancis dan mancanegara. “If I Ever Feel Better” adalah lagu yang sedih dengan lirik sendu, mencerminkan tentang kesehatan mental seseorang yang memburuk. Hal ini dapat dilihat dalam penggalan lirik yang mengatakan, “It’s like a bad day that never ends / I feel the chaos around me” dan “Too many tears have had to fall / Don’t you know I’m so tired of it all?” Jadi ikutan sedih, deh…

7. “Role Model” (9 Juni 2017)

Salah satu lagu Phoenix yang paling keren, nih! Catchy banget, diikuti dengan nyanyian repetitive di bagian chorus. Bertemakan “role model” yang sesuai dengan lirik lagu, Phoenix mengambil archival footage tahun 1980-an milik Helmut Newton untuk video klipnya. Visual effects yang digunakan membuat mereka terlihat benar-benar berada di dalam rentetan footage penuh dengan para model. Kece dan aesthetic banget. Yuk, check it out!

8. “The Real Thing” (19 April 2013)

Lagu ini termasuk dalam album ke-5 Phoenix, yaitu Bankrupt!. Dengan melodi dan instrumentasi yang terdengar infectious, terdapat referensi alkitab di dalamnya yang berbunyi, “Holy Father and Son / It’s odd enough for you to live on / So long, so long, Salomé.” Walaupun tidak dirilis sebagai single, “The Real Thing” cocok banget jadi lagu andalan dari Phoenix!

9. “Ti Amo” (18 Mei 2017)

Love you! Ti amo! Je t’aime! ¡Te quiero! Kalo denger lagu ini jadi berasa lagi di Eropa deh, hehehe. Lagu ini dipenuh dengan referensi budaya Italia, seperti gelato, Prosecco, Battiato and Lucio, dan lain-lain. Di verse ke-3, Thomas Mars pun menyerukan lirik “Bonanza, che bello!” Di akhir lagu, kita pun dapat mendengar sang vokalis bernyanyi dengan bahasa Prancis. Lagu ini menceritakan tentang perasaan yang tak terbalas. “100% lover – 0% violence”, tulis Phoenix di akun Twitter mereka. Satu lagi lagu yang bikin joget, karena vibes jadul Italianya terasa banget!

10. “Tuttifruti” (9 Juni 2017)

Yum! “Tuttifruti” emang seenak judul lagunya. Mengambil referensi dari es krim khas Italia, lagu dengan nuansa pop ini terdengar sangat ceria. “You’re numero uno, ready for the win / Ready to fool everyone in the end / We’ll be trashing motels / Tuttifrutti melt with me….”

Nah, itu dia lagu-lagu dari Phoenix yang wajib kamu dengar! Buat fans Phoenix, lagu favorit kamu apa, nih? Hehehe. Duh, semoga Phoenix bakal mampir lagi ke Indonesia ya pas keadaan sudah membaik!

Yuk, jangan lupa baca berita terbaru dan profil musisi artis favoritmu di website Bicara Musik!